CARA MOD GTA SAN ANDREAS PC DENGAN IMG TOOL TUTORIAL LENGKAP

Cara mod GTA San Andreas PC ini merupakan sebuah tutorial tentang cara install mod / modifikasi game GTA San Andreas. GTA San Andreas merup...




Cara mod GTA San Andreas PC ini merupakan sebuah tutorial tentang cara install mod / modifikasi game GTA San Andreas. GTA San Andreas merupakan sebuah game yang bergenre aksi petualangan yang dibuat oleh Rockstar. Game ini tersedia hampir untuk semua konsol game mulai dari Play Station 2, XBOX, PC, dan game untuk Android. Untuk mod GTA San Andreas sendiri hanya bisa diterapkan untuk versi PC, karena kita akan membutuhkan sebuah software sederhana berupa Image Tool.

Dengan instal mod GTA San Andreas PC, kita bisa merubah segala sesuatunya dalam game, seperti :
  • Mod kendaraan : memodifikasi kendaraan kendaraan di GTA San Andreas
  • Mod map : memodifikasi map dalam game
  • Mod lokasi : memodifikasi lokasi yang ada
  • Mod skin : merubah aksesoris dan penampilan
  • Mod Senjata : merubah senjatan dengan tampilan dan efek baru
  • Mod karakter : mengubah karakter karakter dalam GTA SA
  • Mod ENB : merubah / edit tampilan grafis pada GTA San Andreas sehingga lebih realistik

Selain mod mod diatas, kita juga bisa menambahkan mod lain seperti memodifikasi jalannya permainan, mengubah bentuk gedung dan bangunan, dan lain sebagainya. Jika masih belum mengenal istilah mod, silahkan baca pengertian mod video game dibawah ini.

APA ITU MOD DALAM VIDEO GAME


Mod atau modifikasi ialah istilah umum diterapkan pada game game PC / komputer, terutama untuk game game berjenis FPS (First person shooter) , tetapi juga bisa diterapkan untuk game berkotegori Real Time Strategy Games. Modifikasi dalam video game biasanya tidak dibuat oleh developer resmi, tetapi dibuat oleh masyarakat umum (orang orang yang mempunyai keahlian dalam memodifikasi game), dengan seluruh jalan permainan baru yang diterapkan dalam game original sesuai dengan kehendak si pembuat mod (modder).. Mod ini bisa mencakup berbagai item baru, senjata, karakter, kendaraan, musuh, model, mode, tekstur, level permainan, dan alur cerita. Mod ini merupakan sesuatu yang unik dan bisa diterapkan pada single-player ataupun multiplayer. Jika Anda tidak mempunyai keahlian dalam membuat mod, anda bisa menerapkan mod dengan menginstall mod yang sudah ada & banyak bertebaran di Internet.

CARA PASANG / INSTAL MOD GTA SAN ANDREAS PC


Sebelum memasukkan dan intall mod, ada dua hal yang harus dipersiapkan :
a. Software Image Tool (yang berfungsi untuk memasukkan atau install mod kedalam game)
b. Mod GTA S.A (Anda bisa download dahulu berbagai macam mod yang dikehendaki)
Silahkan download download IMG TOOL dan juga file MOD GTA SA di www.gtagarage.com

1. Sebagai contoh, saya akan merubah jenis mobil "ZR350" menjadi mobil sport "Ferrari". Jika Anda belum tahu nama jenis kendaraan maka coba buka Game GTA (PC) dan pergi ke kota San Fierro atau dimana saja dan masuki satu kendaraan, maka akan ada tulisan jenis kendaraannya. Seperti ini :

2. Selanjutnya buka IMAGE TOOL > FILE > OPEN.

3. Cari Folder GTA San Andreas yang sudah terinstall di PC Anda (biasanya di LOCAL DISK C > PROGRAM FILES > ROCKSTARGAMES > GTA SAN ANDREAS ). Jika sudah ditemukan klik MODELS, dan pilih GTA3 (Img File). Selanjutnya klik OPEN.

4. Tunggu beberapa saat hingga muncul file file yang bisa diedit, seperti tulisan tulisan hitam dibawah yang berakhiran dengan .ddf dan .txd. Kemudian klik EDIT > FIND...

5. Pada kolom "Find What" ketikkan jenis kendaraan yang ingin dimodifikasi / dirubah, contohnya ZR350, maka ketikkan ZR350.DFF > FIND TEXT, maka file kendaraan tersebut akan muncul di IMAGE TOOL.

6. Selanjutnya klik COMMANDS > REPLACE..

7. Setelah klik replace tadi, kemudian cari mods yang sudah Anda download. Pilih FILE yang berakhiran DFF (DFF FILE), lalu OPEN. Tunggu proses replace hingga selesai.....

8. Selanjutnya kita akan memasukkan file yang bertipe TXD. Caranya sama dengan nomor 4 dan 5 (EDIT > FIND TEXT), tetapi yang dirubah hanya akhirnya saja menjadi ZR350.TXD klik FIND TEXT.

9. Klik COMMANDS kemudian REPLACE...


10. Cari file yang berformat TXD File (seperti pada contoh file dibawah Ferrari.txd). Selanjutnya klik OPEN dan tunggu proses replace selesai.

PENTING :
Agar tidak terjadi error, pastikan replace file DFF Original dengan File Mod DFF hasil  download. File TXD dengan TXD juga.

11. Setelah 2 file DFF & TXD sudah berhasil di replace, klik COMMANDS > REBUILD ARCHIVE > YES, tunggu proses rebuildnya hingga selesai.

12. Untuk membuktikan mods tersebut berhasil di Install maka buka lah game GTA San Andreas dan cari jenis kendaraan yang dirubah tadi. Jika berhasil makan kendaraan akan berubah penampilan. Seperti Contoh kendaraan berikut yang telah di modifikasi :

ZR-350 yang telah berubah menjadi Ferrari "LaFerrari LP F70 2014

  • Mobil mobil keren GTA San Andreas hasil Mod lainnya :
Lamborghini LP750-4 Veneno 2013

Lamborghini Aventador Roadster

Lamborghini Aventador LP 700-4 Police

CCXR NFS Hot Pursuit Edition Police Car


Video : Cara mod gta San Andreas


Itulah panduan cara pasang mod GTA San Andreas PC dengan IMG TOOL, selain untuk kendaraan, anda bisa install mod untuk karakter, bangunan, senjata, dan lain sebagainya. Agar proses instal mod dengan IMG Tool berjalan dengan lancar, jangan buka dahulu game GTA San Andreas ketika anda masih mengoperasikan IMG Tool. Jika sudah selesai proses penginstalan mod, maka Anda bisa langsung memainkan gamenya, ini untuk menghindari i/o error 32 pada Image Tool. Semoga bermanfaat.




Related

Tutorial 1118307502045823384
item