DAFTAR 69 MISI GTA 5 LENGKAP BAHASA INDONESIA & PANDUAN CARA MENYELESAIKAN MISI GTA 5

Game GTA 5 merupakan game terbaru dalam serial game Grand Theft Auto. Grafis dan fitur game ini juga jauh lebih baik jika dibandingkan denga...




Game GTA 5 merupakan game terbaru dalam serial game Grand Theft Auto. Grafis dan fitur game ini juga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan versi Game GTA terdahulu. Grafis dan tampilan yang lebih realistik terlihat dalam semua misi GTA 5, Rockstar selaku pengembang dari Game ini, bekerja dengan sangat baik sehingga game GTA 5 mampu memperoleh 7 penghargaan dunia sekaligus.

Kronologi / kejadian dan misi GTA 5 terjadi di Kota Los Santos dan sekitarnya, kota fiktif yang ada di negara bagian San Andreas. Los Santos merupakan kota yang dibuat berdasarkan kota Los Angeles di Amerika Serikat. Banyak juga bangunan bangunan di Los Santos yang menyerupai bangunan aslinya di Los Angeles. Kualitas tampilan HD juga tertanam dalam game keren ini.

GTA V : Michael, Franklin, Trevor
Dalam misi GTA 5 pemain akan memainkan 3 tokoh Protagonis (karakter utama) sekaligus. Mereka adalah Michael De Santa, Trevor Philips, dan Franklin Clinton. Rockstar mengklaim terdapat 69 misi yang harus diselesaikan oleh pemain, namun faktanya jika kita main Story Mission GTA 5 secara keseluruhan terdapat lebih dari 80 misi. Ini terjadi karena ada beberapa sub misi dari satu misi utama, selain itu ada juga misi misi yang menggunakan pilihan misalnya pada satu Misi Heist kita bisa memilih metode A atau metode B, dan dalam satu metode terdapat beberapa Sub Misi / Heist Setup (HS).

DAFTAR SEMUA MISI DI GTA 5


Misi perkenalan cerita GTA 5 dimulai pada 9 tahun lalu dimana 4 orang (Trevor, Micheal, Brad dan salah seorang rekannya / sopir sewaan) merampok sebuah bank di Ludendorff, North Yankton. Namun aksi tersebut diketahui oleh Polisi, terjadilah baku tembak dan kejar kejaran dengan polisi. Satu orang kru tertembak saat dimobil, dan 3 orang selamat sampai disebuah tempat di Ludendorff. Pertempuran belum usai, Brad dan Michael tertembak oleh agen FIB. Brad mati & Michael selamat meskipun tertembak, sementara Trevor selamat dan melarikan diri.

Sembilan tahun telah berlalu. Petualangan tiga karakter utama Franklin , Micheal, dan Trevor telah dimulai di Los Santos. Seperti pada seri GTA sebelumnya, terdapat banyak karakter pendukung yang berhubungan dengan jalannya permainan seperti Lamar Davis, Lester Crest, Ron, Wade dan lain lain. Dibawah ini adalah daftar lengkap semua misi utama GTA 5 sesuai dengan urutan dalam alur cerita, untuk melihat informasi / walkthrough cara menyelesaikan dan menjalankan misi dalam bentuk video atau teks, silahkan klik pada Link nama nama misi dibawah ini :

MISI UTAMA / STORY MISSION GTA 5 SESUAI ALUR CERITA

Misi Prologue

Prologue adalah misi perkenalan yang mengambil latar waktu 9 tahun lalu sebelum kejadian di GTA 5, dimana Michael, Trevor, dan Brad melakukan perampokan di Bank Ludendorff, North Yankton. Aksi mereka diketahui polisi, Brad dan Michael ditembak oleh Agen FIB Dave Norton, & Trevor kabur. Brad mati, Michael selamat & hidup dibawah perlindungan saksi FIB dan juga merubah namanya dari Michael Townley menjadi Michael de Santa

Franklin and Lamar

Franklin & temannya Lamar yang merupakan anggota Gang Families bekerja di dealer mobil milik Simeon Yetarian, mereka ditugaskan untuk menyita 2 mobil Sport di Del Perro, Los Santos. Mereka bertemu secara tak sengaja dengan Michael ketika Lamar menanyakan alamat rumah target mereka. Saat itu Michael sedang duduk di bangku dekat pantai setelah konseling dengan Dr.Isiah Fredlander. Didalam Dealer Simeon tampak merayu Jimmy (anak Micheal) agar membeli mobil.

Repossession

Franklin & Lamar ditugaskan Simeon untuk kembali menyita Motor Bagger milik Jimenez, seorang anggota Gang Vagos yang tidak membayar. Aksi mereka diketahui Gang Vagos sehingga terjadi baku tembak. Jaminez mati terbunuh, dan mereka tidak bisa merepo (menyita) aset orang mati pada akhirnya Bagger akan menjadi kendaraan Pribadi Franklin.

Complications

Franklin ditugaskan Simeon untuk merepo mobil yang dibeli oleh anak muda (Jimmy) di kediaman rumah keluarga De Santa, Rockford Hills, Los Santos. Begitu berhasil mendapatkan mobilnya, Michael yang sembunyi di jok belakang menodongkan pistol ke Franklin dan memintanya untuk membawa ke orang yang menyuruhnya. Michael memberi uang Franklin lalu berkelahi dan mengancam simeon agar tidak merepo aset seenaknya serta melarang mengganggu anaknya. Franklin dipecat & tidak bekerja lagi untuk simeon.

Father/Son

Franklin mendatangi Michael dirumahnya, dia tertarik dengan pengalaman kriminal Michael, namun Michael mengatakan dia sudah pensiun. Michael menawarkan Franklin minum di bar dekat rumahnya, namun Jimmy menelepon bahwa dia diculik gangster yang juga mencuri kapal Michael, Michael mengajak Franklin untuk menyelamatkan Jimmy. Setelah Jimmy selamat kini Franklin juga berteman dengan Jimmy.

Chop

Franklin diajak Lamar untuk melakukan bisnis yang ternyata adalah untuk menculik D, anggota Ballas dan meminta tebusan. Disini Lamar mengajak anjingnya "Chop" yang membantu mereka mencari tempat persembunyian D saat kabur. Setelah D berhasil ditangkap, Franklin meminta agar Lamar melepaskan D karena nantinya hanya akan membuat masalah antar Gang. Tak lama kemudian Lamar mengirim pesan bahwa Chop berada di rumahnya, sejak saat itu Chop tinggal bersama Franklin.

Marriage Counseling

Michael memergoki istrinya, Amanda berselingkuh dengan pelatih Tenis, ketika akan dihajar pelatih tenis kabur lewat jendela. Disaat bersamaan Franklin ke rumah Michael dan menanyakan keributan yang yang terjadi. Michael mengajak Franklin untuk mengejar pelatih Tenis, pengejaran tiba di Vinewood Hills dimana pelatih tenis sembunyi di rumah tebing, tanpa pikir panjang Michael merobohkan rumah tsb yang ternyata adalah rumah Martin Madrazo, bos mafia Meksiko, pemimpin Madrazo Cartel. Madrazo mengancam Michael agar memberi ganti rugi berlipat lipat.

Daddy's Little Girl

Michael sedang menonton TV dirumahnya, dari kamar Jimmy terdengar suara Jimmy berkata kotor saat main game, Michael mendatangi Jimmy namun Jimmy malah menyuruh Michael pergi dengan kata yang tak pantas yang membuat Michael menghancurkan TV dikamar Jimmy, merasa menyesal michael menawarkan Jimmy bersepeda bersama di Vespucci Beach, disana Jimmy mengatakan bahwa Tracey sedang pesta di kapal dengan para pembuat film dewasa. Michael lalu menyusul Tracey dan memaksanya pergi. Hal tersebut membuat Tracey marah ke Michael.

Friend Request

Masih bingung dengan hutangnya dengan Martin Madrazo, Michael menelepon teman lamanya, Lester untuk meminta bantuan mendapatkan uang, Lester menyuruh datang ke rumahnya, namun sebelum membantu Michael, Lester menyuruh Michael untuk memasang bom ponsel untuk menghabisi Jay Norris CEO Lifeinvader untuk mengeksploitasi pasar saham.

The Good Husband (Optional)

Michael ditelepon oleh Amanda yang meminta bantuan. Dia ditangkap polisi karena pertengkaran di toko pakaian Didier Sanch. Michael kemudian pergi kesana untuk membantu amanda dan kabur dari kejaran polisi.

The Long Stretch

Lamar dan teman gang mereka yang baru keluar dari penjara Harold "Stretch" Joseph menemui Franklin di rumahnya, Franklin tidak begitu senang dengan Stretch. Lamar kemudian mengajak mereka ke sebuah gudang untuk berbisnis, disana Franklin menemukan D yang ternyata diam diam lamar menculik D untuk meminta tebusan ke Ballas, namun D sudah menghubungi gangnya sehingga tak lama kemudian ketiganya disergap Gang Ballas beserta polisi, mereka harus melawan ballas dan melarikan diri dari polisi.

Casing the Jewel Store

Michael menemui Lester di Garment Factory untuk membahas rencana mereka mendapatkan uang, Lester akhirnya menyarankan Michael untuk merampok toko perhiasan. Akhirnya mereka pergi ke toko perhiasan Vangelico untuk mengamati alat keamanan toko lalu kembali ke Garment Factory untuk menyusun rencana perampokan. Michael mengatakan ke Lester dia punya rekan yang cukup baik dalam mengemudi dan bisa direkrut yaitu Franklin, Ada 2 opsi nantinya yang bisa dipilih, menggunakan gas beracun untuk melumpuhkan seisi toko (Smart), atau langsung menodongkan senjata ke seisi toko (Loud)

Bugstars Equipment (Hs - Smart)

Michael mencuri mobil van pembasmi hama Bugstars beserta seragam Bugstars yang ada didalam Van sebagai persiapan untuk perampokan di toko perhiasan Vangelico

BZ Gas Grenades (Hs - Smart)

Michael menghadang mobil yang membawa bom asap di jalan raya, bom yang nanti juga digunakan dalam perampokan toko berlian.

Heist : The Jewel Store Job - Smart

Michael, Franklin dan crew yang dipilih dibantu oleh Lester dibelakang layar melakukan perampokan di Vangelico Jewelry Store dengan membuat pingsan orang didalam toko menggunakn BZ Gas Grenade. Setelah berhasil merampok mereka kabur dari kejaran polisi melalui terowongan bawah tanah. Akhirnya Michael bisa membayar hutangnya ke Martin Madrazo.

Carbine Rifles (Hs - Loud)

Michael merampok mobil NOOSE / Polisi yang berisi senjata yang digunakan untuk perampokan di toko berlian Vangelico.

Heist : The Jewel Store Job - Loud

Michael, Franklin dan crew yang dipilih dibantu oleh Lester dibelakang layar melakukan perampokan di Vangelico Jewelry Store, mereka mengacungkan senjata ke orang orang dalam toko menyuruh tiarap. Setelah mengambil perhiasan mereka kabur dari kejaran polisi melalui terowongan bawah tanah. Akhirnya Michael bisa membayar hutangnya ke Martin Madrazo.

Mr. Philips

Michael & Franklin merayakan keberhasilannya, kemudian datang Dave Norton yang menegur Michael atas perbuatannya di Vangelico, dia lalu menyalakan TV dan melihat berita perampokan yang tayang di TV. Dave mengkhawatirkan jika hal tersebut dilihat Trevor, tapi Michael tak peduli dia mengatakan bahwa mungkin Trevor sudah mati. Di Sandy Shores, Blaine County jauh dari Los Santos Trevor yang sedang "main kuda kudaan" dengan Ashley melihat berita perampokan Toko Perhiasan di TV, seorang security yang menjadi saksi perampokan diwawancarai, mengatakan bahwa perampok mengatakan padanya "You forget a thousand things every day pal, make sure this is one of them". Sebuah kata / Quote yang pernah diucapkan Michael saat melakukan perampokan di North Yankton bersama Trevor dan Brad. Trevor yakin bahwa itu adalah Michael yang selama ini dia kira sudah mati. Tak lama kemudian Johnny K datang & marah2 pada Trevor, Trevor lalu membunuh Johnny K serta banyak anggota The Lost MC lainnya yang tak luput dari amarah Trevor. Termasuk juga Ortega ketua Gang Aztecas.

Trevor Philips Industries

Ron (partner Trevor) menghubungi Trevor, mengatakan ada Klien yang ingin bertemu di Yellow Jack Inn, Trevor menemui klien tsb yaitu Tao Cheng (anak ketua Gang TRIAD, Wei Cheng) & Translatornya. Mereka ingin bekerjasama dengan Trevor Philips Industries untuk bisnis menyelundupkan senjata. Trevor kemudian membawa mereka untuk menunjukkan tempat mereka beroperasi di Methlab. Partner Trevor, Chef menelpon bahwa Aztecas akan menyerang Methlab, Tao Cheng & Translator dimasukkan ke dalam Freezer, Trevor & Chef baku tembak dengan banyak anggota Aztecas. Begitu perang selesai Translator pergi & merasa kecewa dengan perlakuan Trevor.

Nervous Ron

Trevor mendapati rumah Trailernya dirusak dan diacak acak oleh anggota The Lost MC, bersama Ron dia akan balas dendam, Trevor juga menyuruh partnernya Wade untuk melacak dan mencari keberadaan Michael di Los Santos. Pada misi ini Trevor menguasai Sandy Shores Airfield serta mengambil 2 pesawat bisnis milik The Lost MC.

Crystal Maze

Trevor kembali menemui Tao & Translator di Yellow Jack Inn, Trevor ingin mengambil Bisnis / Job dari Tao Cheng yang sebelumnya, namun Translator mengatakan Job tsb sudah diberikan kepada orang lain, Trevor memaksa mereka untuk mengatakan dengan siapa mereka bekerja, akhirnya Translator mengatakan bahwa mereka bekerjasama dengan O'Neil Brother. Hal tsb membuat Trevor marah, dia pergi ke markas O'Neil Brother, menghabisi sebagian besar anggota O'Neil & meledakkan markas mereka.

Friends Reunited

Wade sudah berhasil menemukan orang dengan ciri ciri yang sama dengan Micheal Townley yang tinggal di Los Santos, Trevor dan Wade akhirnya pergi ke Los Santos dan tinggal sementara di tempat saudara Wade yang bernama Floyd, Floyd tinggal di rumah pacarnya Debra di Vespucci Beach, yang sebelumnya Trevor meledakkan markas The Lost MC.

Fame or Shame

Michael & Amanda berdebat karena menemukan sebungkus nark0ba milik Jimmy di kulkas. Amanda juga telah didatangi oleh pelatih Yoganya, Fabien. Jimmy kemudian datang dan berusaha mengambil barangnya ditangan Michael, saat itu juga Trevor tiba tiba muncul yang membuat seisi rumah terkejut. Suasana menjadi canggung, Trevor mencairkan suasana dengan menyapa satu persatu, giliran dia mencari Tracey, Jimmy mengatakan bahwa Tracey sedang ikut pencarian bakat Fame or Shame. Michael tidak menyetujui Tracey spt itu, Trevor langsung mengajak Michael untuk menyusul Tracey, di acara tsb Tracey menari dan Lazlow (pembawa acara) ikut menari yang seakan akan sedang melakukan hubungan ***. Hal tsb membuat Michael marah, Michael & Trevor mengejar Lazlow yang kabur dan memberinya pelajaran. Setelah itu mereka berpisah.

Dead Man Walking

Michael menemui Dave Norton di Galileo Observatory, dia mengatakan bertemu dengan Trevor, dia juga mengatakan telah merampok toko berlian dan menyuruh Dave untuk menangkapnya agar memperoleh jabatan di FIB. Dave menolak, dia menginginkan Michael untuk mengidentifkasi Ferdinand Kerimov / Mr.K, tersangka teroris yang divonis sudah mati oleh IAA (saingan FIB). Deva memukul kepala Michael sampai pingsan dan menyuruhnya untuk memeriksa kebenaran kematian Mr.K di kamar mayat IAA. Michael tidak menemukan mayat Mr.K, dikonfirmasi bahwa Mr.K masih hidup dan disembunyikan oleh IAA.

Did Somebody Say Yoga?

Michael sedang nonton TV dirumahnya, amanda datang dan marah marah, kemudian Fabien datang untuk melatih Yoga, Michael diajak ikut Yoga. Sampai disuatu gerakan Fabien mempraktekkan dengan Amanda yang membuat Michael marah. Amanda bersama Fabien pergi dari rumah. Michael kemudian memanggil Jimmy, Jimmy akan pergi menemui temannya di Burger Shot, Michael mengantarnya, tanpa diketahui Michael jimmy memberikan bius di minuman yang diminum Michael, membuatnya berhalusinasi, ketika tersadar Michael tidur diatas rumput hanya memakai celana pendek. Ketika pulang dia menemukan surat Amanda yang mengatakan bahwa dia pergi bersama anak anak. Michaelpun hanya sendiri dirumah.

Three's Company

Michel menemui anggota FIB, Dave Norton, Steve Hainess, dan Agen Sanchez. Steve Haines selaku atasan Dave menyuruh Michael untuk menculik Mr.K dari IAA, kemudian Dave mengantar michael ke gudang FIB di El Buro Heights, Dave menyuruh Michael untuk menelepon Franklin & Trevor untuk membantunya. Awalnya Michael ragu untuk menelpon Trevor, tapi Dave meyakinkannya. Begitu sampai Michael memperkenalkan Franklin & Trevor satu sama lain. Mereka kemudian bekerjasama menuju gedung IAA untuk menculik Mr.K dari IAA.

By The Book

Michael & Trevor menemui Steve Haines & Dave Norton di gudang. Disana terlihat Devin Weston yang diejek oleh Trevor namun dibela oleh Steve. Devin adalah teman dari Steve. Steve kemudian mengeluarkan Mr.K yang sudah diikat dikursi dan siap diinterogasi agar menunjukkan lokasi keberadaan Tahir Javan, orang yang diyakini FIB terlibat dalam organisasi teroris. Trevor & Steve bertugas menginterogasi Mr.K, Dave & Michael bertugas mencari dan mengeksekusi Tahir Javan. Setelah tugas selesai, Trevor melepaskan dan mengantarkan Mr.K ke bandara.

Scouting the Port

Trevor menanyakan kepada Floyd tentang barang apa yang bisa dicuri di tempat kerjanya, dermaga. Setelah didesak Trevor, Floyd mengatakan mungkin ada super weapon pemerintah yang dijaga ketat oleh Merryweather. Trevor tertarik untuk mencuri barang tsb, bersama Wade dan Floyd, Trevor menyamar jadi pekerja dermaga untuk memeriksa, memfoto keadaan sekitar dan mencuri manifest dokemen pengiriman barang. Sesudah sampai di rumah, Trevor merencanakan pencurian tsb.

Minisub (Hs - Freighter & Offshore)

Sebagai persiapan untuk pencurian super weapon, Trevor mencuri kapal selam yang ada di dermaga dibantu oleh Floyd.

Cargobob (Hs - Offshore)

Persiapan selanjutnya, Trevor mencuri helikopter Cargobob yang ada di markas militer Fort Zancudo kemudian didaratkan di Sandy Shores airfield.

The Merryweather Heist - Offshore

Michael, Franklin, Trevor bertemu di rumah Floyd, Trevor menjelaskan rencananya. Mereka kemudian pergi ke Sandy Shores Airfield. Trevor masuk kedalam kapal selam & Michael Franklin di Cargobob untuk membawa kapal selam ke laut tempat pengujian senjata merryweather. Trevor mencari lokasi perangkat dan mengambilnya, kemudian melawan Merryweather yang menghadang. Setelah perangkat berhasil dicuri, Lester datang meminta Trevor untuk mengembalikan curiannya karena mereka akan diburu pemerintah.

The Merryweather Heist - Freighter

Michael, Franklin, Trevor bertemu di rumah Floyd, Trevor menjelaskan rencananya. Michael kemudian pergi ke kapal tempat perangkat berada dan memasang beberapa sticky bomb untuk meledakkan kapal, Franklin mengawasi dan melindungi Michael dengan Snipernya untuk menembak Merryweather yang patroli. Setelah kapal diledakkan Trevor mencari & mengambil perangkat diantara reruntuhan puing kapal. Setelah perangkat berhasil dicuri, Lester datang meminta Trevor untuk mengembalikan curiannya karena mereka akan diburu pemerintah.

Hood Safari

Lamar meminta Franklin untuk menemaninya bertransaksi dengan anggota gang ballas di Grove Street. Trevor datang hanya sekedar untuk kerumah Franklin, setelah tahu apa yang akan Franklin & Lamar lakukan, Trevor bersedia dan suka rela menemani mereka. Singkat cerita transaksi mereka gagal, Trevor Franklin dan Lamar disergap gang ballas di Grove Street, setelah bertempur dengan Ballas, mereka bertiga harus melarikan diri dari kejaran polisi.

The Hotel Assassination

Lester meminta Franklin untuk menemuinya di dekat pantai, dia meminta Franklin untuk mengeksekusi CEO Bilkinton yang berada di Hotel Von Crastenburg, Richman. Setelah misi selesai Lester menelponnya dan mengatakan bisnis sahamnya berhasil sukses, Lester memberikan Franklin rumah di Vinewood Hills dan mulai saat itu Franklin tidak tinggal lagi bersama bibinya, Denise.

The Multi Target Assassination*

The Vice Assassination*

The Bus Assassination*

The Construction Assassination*

*jalankan misi setelah Story Mission Tamat untuk main saham & dapatkan uang 2 Milyar Dolar

Masks, Boiler Suits, Trash Truck, Tow Truck, Getaway Vehicle (Hs - Blitz Play)

Agen FIB, Steve Haines, Dave Norton, Sanchez meminta Michael, Franklin, Trevor untuk datang ke FIB Lot, El Burro Heights untuk mencuri dokumen IAA yang dibawa oleh mobil lapis baja Gruppe. Michael memiliki ide cara pencuriannya, untuk mempersiapkan semua, Franklin Trevor dan Michael membeli topeng, Boiler suit, mencuri Truk sampah, Tow truck & menyiapkan Getaway Vehicle.

Heist : Blitz Play

Michael, Franklin & Trevor bekerjasama untuk merampok dokumen manifes milik IAA yang berada dalam mobil lapis baja, begitu dokumen berhasil didapat mereka harus melawan banyak polisi yang menyergap. Setelah semua musuh diatasi mereka berpencar dan Michael yang mengantarkan dokumen kepada Devin Weston. Devin tertarik dengan Crew Michael, dia memintanya agar mau kerja untuk Devin, awalnya Michael menolak, tapi setelah Devin janji untuk memperkenalkan Michael dengan Solomon Richards (Produser Film di Richards Majestic Studio) Michael akhirnya setuju. Menjadi seorang Produser Film adalah impian Michael.

Mr. Richards

Michael mendatangi Solomon, dia sudah tahu Michael dari Devin. Solomon memiliki masalah dengan Rocco Pelosi yang mengambil artis & sutradara dari Richards Majestic Studio, akhirnya Michael membantu Solomon untuk mengembalikan artis dan sutradara ke Solomon. Michael menerima Respect dari Solomon, pada akhirnya nanti Michael akan menjadi partner solomon sbg Co-Producer untuk film Meltdown.

I Fought the Law...

Franklin & Trevor diberitahu Michael tentang Job dari Devin Weston, mereka kemudian bertemu di Alta dengan Devin & Lawyernya, Molly. Devin ingin agar mereka mengambil paksa 2 supercar Cheetah & Entity XF dari 2 anak muda. Dalam menjalankan aksinya Michael & Trevor menyamar jadi polisi lalu lintas, Franklin menantang 2 pemilik mobil untuk balap liar dan akhirnya kedua mobil super ditilang dan disita oleh Michael & Trevor selanjutnya diserah ke Devin.

Eye in the Sky

Franklin dan Trevor bertemu di El Burro Heights untuk menyita paksa mobil super Z-Type atas perintah Devin Weston. Atas izin Devin, Trevor naik helikopter bersama pilot LSPD mencari Chad Muligan (pemilik Z-Type) sementara Franklin yang bertugas mengeksekusi di darat. Setelah mobil didapat Franklin mengantarkan mobilnya ke Hangar Devin Weston di LSIA.

Caida Libre

Martin Madrazo menyuruh Michael untuk datang kerumahnya bersama Trevor, Madrazo ingin agar mereka mengejar dan membunuh supupunya, Javier Madrazo karena telah mencuri dokumen penting. Michael lalu pergi ke Galileo Observatory dimana martin sudah menyiapkan senjata berat dalam van hitam untuk menembak mesin pesawat yang mengangkut Javier. Salah satu mesin pesawat tertembak & pesawat akan melakukan pendaratan darurat. trevor mengejar pesawat tsb kemudian menghabisi Javier dan mengambil dokumennya. Trevor memiliki ide untuk bernegosiasi tentang bayarannya ke Martin Madrazo dan menyuruh Michael menunggu di Stoner Cement Works. Karena tidak sesuai dg keinginan Trevor, dia malah mencuri mobil Madrazo dan menculik istri Madrazo, Patricia. Michael kecewa, namun sudah terlanjur. Mereka akhirnya bersembunyi di rumah Trevor Sandy Shores.

Deep Inside

Franklin mendapat tugas dari Molly untuk mencuri mobil JB700 yang berada di Richards Majestic Film Studio, setelah mobil didapatkan dia harus mengantarnya ke garasi Devin Weston. Dalam percakapannya dengan Molly, Molly juga merekrut mekanik yang akan menangani mobil mobil super tsb. Mekanik tsb ternyata adalam Lamar.

Minor Turbulence

Franklin mendapati rumah Michael kosong, Franklin kemudian menelpon Michael, Michael mengatakan dia bersembunyi di rumah Trevor Sandy Shores dan menceritakan kejadian sebelumnya. Trevor yang baru terbangun dari tidur mencari Ron dan menanyakan adakah bisnis yang bisa dilakukan. Ron mengatakan ada pesawat Cargo Merryweather yang mungkin mengangkut banyak senjata. Michael disuruh Trevor untuk menjaga Patricia Trevor akan membajak dan mengambil alih pesawat Cargo dibantu Ron via radio. Setelah pesawat Cargo dibajak Trevor disambut 2 jet militer yang menembak pesawat Cargo dan menyebabkan pesawat jatuh ke Alamo Sea, Trevor harus menyelamatkan diri terjun dari pesawat kargo.

Paleto Score Setup

Steve Haines & Dave Norton menemui Michael & Trevor di Methlab Trevor, menyuruh mereka untuk merampok Bank di Blaine County yang nanti uangnya akan digunakan untuk Job dengan biaya mahal (Monkey Business). Michael kemudian menelepon Lester untuk merencanakan perampokannya, Michael & Trevor kemudian menjemput Lester di Paleto Bay untuk mengawasi Target Bank dan menguji sistem keamanan Bank. Setelah itu mereka semua kembali ke Methlab untuk menyusun rencana, persiapan dan memilih crew.

Predator

Trevor mendapat telepon dari Franklin, dia melihat anggota O'Neil Brother yang tersisa melintas di sekitar jalanan Raton Canyon. Sekedar mengingatkan, O'Neil Brother adalah Rival Bisnis Trevor yang mengambil Job dari Tao Cheng dalam misi Crystal Maze. Trevor dengan Michael pergi ke Lokasi dengan Helikopter, dimana Franklin dan Chop mengejar mereka. Michael, Franklin & Chop membantu menghabisi O'Neil Brother di hutan.

Military Hardware (Hs - The Paleto Score)

Sebagai persiapan untuk misi perampokan Bank di Paleto Bay, Blaine County. Trevor / Michael mencuri persenjataan militer berupa armor dan senjata yang diangkut pada mobil militer / Barrack yang sedang konvoi.

Heist : The Paleto Score

Michael, Trevor, Franklin & Seorang Crew pergi ke Bank di Paleto Bay, sebelum mencapai Bank Franklin diturunkan untuk mencari kendaraan untuk pelarian. Begitu sampai di Bank Trevor menembak Alarm dan menyuruh warga sipil di bank tiarap. Crew membuka pintu besi dengan alat yang dibawa dibantu Michael akhirnya mereka bisa mengambil semua uangnya. Polisi dan pasukan militer mengepung mereka. Dengan pakaian armor kebal peluru mereka bertiga pergi menyusuri jalan untuk melarikan diri. Franklin datang dengan membawa Dozer kecil uang melindungi rekannya yang baku tembak dengan polisi. Melalui sisi dalam pabrik mereka menumpang kereta untuk melarikan diri.

Derailed

Michael yang sedang duduk di rumah Trevor ditemui oleh Ron, dari dialog Ron menjelaskan bahwa ada Cargo Merryweather yang bisa dicuri dan diangkut dengan kereta. Trevor yang baru keluar dengan Patricia mengajak Michael untuk mencuri Cargo tsb. Trevor membajak kereta dan menenggelamkan ke sungai, sementara michael bersiap disungai membawa perahu Dinghy untuk mengambil Cargonya. Tak lama kemudia gerombolan Merryweather dengan Buzzard, Sniper & Perahu menyerang mereka. Setelah berhasil mengatasi Merryweather dan ditempat aman. Trevor ingin membawa cargo dalam tas yang berisi patung emas. Michael ingin memberikan barang tsb ke Martin Madrazo agar keduanya bisa bebas dari teror Madrazo Cartel dan bisa kembali ke Los Santos, namun Trevor menolak dia menganggap itu adalah hasil kerjanya. Tapi akhirnya Trevor memberikan barang tsb ke Michael setelah Michael berjanji akan mengajaknya merampok 4 Ton Emas Batangan di Union Depository, dan akan menjadi perampokan terbesar dalam karir kriminal mereka. Hal tsb adalah impian mereka sejak dulu.

Monkey Business

Steve Haines meminta ketiga protagonis untuk datang ke dermaga Cape Catfish. Steve ingin agar mereka membantunya untuk mencuri senjata Biokimia dari Humane Labs and Researh, fasilitas riset milik IAA. Michael, Steve Haines & Dave Norton masuk ke Lab melalui saluran air dalam laut sementara Trevor & Franklin mengurus Transportasi. Setelah Michael berhasil mendapatkan barang yang mereka cari, Michael menempatkan senjata Biokimia tsb kedalam Container, dan Trevor membawanya ke Airfield dengan helikopter. Karena sudah ketahuan agen IAA, Steve berpura pura menjadi pahlawan dengan menembak kakinya sendiri dan tidak ikut ke Helikopter bersama Trevor, Michael & Dave. Franklin sudah di airfield dengan truk yang akan mengangkut Container. Scene kemudian berpindah ke Trevor yang mengantar Patricia pulang ke rumah Madrazo, Trevor mengancam akan mengiris telinga madrazo lagi jika dia tidak memperlakukan Patricia dengan baik.

Hang Ten

Kini Trevor & Michael sudah bisa kembali ke Los Santos tanpa diserang anak buah Madrazo lagi. Trevor kemudian kembali ke apartmen pacar Floyd, namun disana Debra sudah pulang dan terlibat pertengkaran dengan Trevor dan Floyd. Dalam scene Trevor terlihat keluar apartmen dengan berlumuran darah yang menandakan Debra & Floyd mati dalam apartmen. Trevor kemudian mengajak Wade ke Club Vanilla Unicorn. Club tsb sekarang menjadi milik Trevor sekaligus menjadi kantor dan Safehouse Trevor setelah dia menghabisi Manager Club.

Surveying the Score

Michael, Trevor, Franklin & Lester bertemu di Kantor Trevor, mereka membahas tentang rencana perampokan Emas Batangan di Union Depository. Mereka selanjutnya mengamati keadaan dan keamanan di wilayah Union Depository. Michael & Franklin mengamati daerah pintu masuk dengan mobil sementara Lester & Trevor mengamati mobil Lapis Baja dan konstruksi galian di sekitar.

Bury the Hatchet

Trevor datang ke rumah Michael, dia berencana untuk mengajak Michael membebaskan Brad dari penjara agar ikut serta dalam perampokan nantinya. Yang diketahui Trevor, Brad itu masih hidup dan dipenjara karena dia sering kirim email ke Trevor. Tapi sebenarnya yang kirim Email tsb adalah Dave Norton (yang menembak Brad & Michael dulu di North Yankton) yang menyamar menjadi Brad, ini ada pada dialog Dave & Michael pada misi By the Book. Menanggapi rencana Trevor tentang pembebasan Brad, Michael tidak menanggapi, dia ingin pensiun dari Kriminal setelah perampokan terbesarnya nanti. Michael ingin menjadi Produser film. Ditengah perdebatan mereka Trevor semakin curiga ada yang disembunyikan Michael, Trevor langsung pergi ke Norh Yankton lalu disusul Michael, Trevor menggali makam dan menemukan Brad dikubur dalam makam Michael Townley. Michael & Trevor saling menodongkan senjata, mereka disergap Triad, Trevor melarikan diri & Michael ditawan.

Pack Man

Trevor dihubungi Lamar untuk ikut dalam mengirim mobil hasil curian Devin Weston bersama Franklin ke Paleto Bay. Dalam perjalanan Franklin tertidur, Trevor cerita tentang masa lalunya bersama Michael & Brad kepada Lamar. Setelah mengatasi polisi yang mengganggu mereka akhirnya sampai di lokasi dan Molly menunggu disana. Franklin meminta uangnya dibayar kepada Molly namun Molly berkilah uangnya masih digunakan untuk investasi oleh Devin Weston, lalu Molly pergi. Franklin ingin menanyakan ke Michael tentang Devin Weston yang tidak mau membayarnya namun Michael tidak ditemukan & HPnya tidak aktif, akhirnya Franklin meminta Lester untuk melacak keberadaan Michael.

Fresh Meat

Atas permintaan Franklin, Lester menyuruh Trevor datang ke rumah bibinya. Franklin menanyakan keberadaan Michael ke Trevor. Kemudian Trevor mengatakan bahwa terakhir kali dia melihat Michael di North Yankton sedang baku tembak dengan Triad. Trevor juga mengatakan bahwa Triad adalah organisasi dari China yang diketuai oleh Wei Cheng, ayah Tao Cheng yang mencari Trevor karena merusak partner bisnisnya. Franklin lalu mengajak Trevor untuk mencari Michael, namun Trevor menolak, dia membenci Michael bahkan menganggap Michael sudah mati. Akhirnya Lester menelepon Franklin mengatakan HP Michael aktif di daerah Los Santos, Lester mengirimkan aplikasi Trackify untuk melacak Michael. Franklin akhirnya pergi sendiri mencari dan menyelamatkan Michael dari Triad.

The Ballad of Rocco

Ketika Michael ke Richard Majectic, terlihat Rocco pelosi dan rekannya sedang menganiaya Solomon, mereka terlibat konflik tentang kontrak. Rocco dan rekannya lari ketika Michael akan menolong solomon. Solomon kemudian meminta Michael untuk mengurus mereka. Setelah berhasil mengatasi Rocco, Solomon mengundang Michael ke kantornya untuk menunjukkan bahwa Michael ditulis dalam Credit film Meltdown. Michael merasa telah mencapai impiannya dengan bekerja sama dengan Solomon.

Cleaning Out the Bureau

Michael menemui Lester di Garment Factory, tak lama kemudian Steve dan Dave datang, Steve meminta Michael untuk membantu menghilangkan bukti kejahatannya di FIB dengan menerobos masuk ke gedung FIB. Steve berjanji akan menghapus berkas kriminal Michael jika mau melakukan tugas itu. Bersama Lester, Michael pergi mengikuti petugas kebersihan gedung FIB untuk membeli seragam dan identitas petugas tsb. Franklin dilibatkan dalam hal ini, namun Trevor tidak karena Michael & Trevor sekarang bermusuhan.

Reuniting the Family

Kali ini Michael berusaha menyatukan kembali keluarganya yang berantakan. Jimmy datang memberitahu Michael bahwa amanda tidak bahagia dengan kehidupan barunya dengan Fabien. Akhirnya Michael & Jimmy menjemput Amanda & Tracey dan pergi ke Dr.Isiah untuk konsultasi keluarga mereka.

Architect's Plans

Michael ditelepon Franklin, dia sedang mengikuti Arsitek yang memiliki Blueprint konstruksi gedung FIB, Franklin mencuri Blueprint tsb kemudian pergi ke Garment Factory untuk merencanakan pencurian di gedung FIB bersama Michael dan Lester. Ada 2 opsi nantinya yang bisa dipilih, menggunakan mobil pemadam kebakaran (Fire Crew) atau lewat atap gedung (Roof Entry)

Doting Dad (Optional)

Michael ditelepon Tracey bahwa ada orang membuntutinya. Michael kemudian membantu Tracey untuk menemukan orang tsb dan bisa membunuhnya atau mengampuninya.

Fire Truck & Getaway Vehicle (Hs - Fire Crew)

Sebagai persiapan untuk misi pencurian di Markas FIB, Michael / Franklin mencari Mobil pemadam kebakaran sekaligus mencari mobil 4 pintu untuk melarikan diri.

Heist : The Bureau Raid - Fire Crew

Dengan menggunakan pakaian petugas kebersihan Michael, memasang bom dalam gedung FIB lalu meledakkannya, kemudian menyamar sebagai pemadam kebakaran untuk mencuri HardDrive diruang server FIB.

Heist : The Bureau Raid - Roof Entry

Michael, Franklin dan Crew masuk ke ruang server gedung FIB melalui atap dengan terjun dari Helikopter kemudian meretas komputer diruang server untuk mengambil dan mencopy data. Selanjutnya mereka harus melarikan diri dari sergapan security FIB.

Legal Trouble

Michael terkejut melihat Devin Weston & Molly di kantor Solomon, Devin mengatakan bahwa dia memegang setengah saham Richards Majestic, setengahnya lagi dipegang anak Solomon, dia ingin mengambil Film Meltdown untuk mencairkan asuransi besar besaran yang uangnya digunakan untuk beli sebagian lainnya. Dengan begitu Devin bisa meruntuhkan Richards Majestic untuk dibangun Kondomium bebas pajak. Molly kemudian merebut Film dari Solomon Richards dan akan membawanya ke Bandara. Michael kemudian mengikuti Molly dan mengejarnya, namun naas Molly kecelakaan mati tersedot mesin pesawat saat pengejaran.

The Wrap Up

Michael menemui Dave Norton di Kortz Center untuk membicarakan tentang keberhasilannya dalam misinya di gedung FIB. Dave juga masalah tentang perbuatannya dengan Trevor berseteru dg Merryweather. Tak lama kemudian Steve Haines datang dengan Agen Sanchez memerintahkan Sanchez untuk menangkap Michael, jika tidak menangkap Michael Steve khawatir ia dicurigai sbg dalam kerusuhan di FIB. Dave membela Michael dan mengatakan mereka harus bicara dari saling menodongkan pistol. Kemudian bebeapa anggota IAA yang dipimpin oleh UL Paper Agent menyergap mereka berempat, lalu muncul juga beberapa anggota pasukan FIB Divisi ganda yang mungkin juga bekerja untuk IAA menodongkan senjata kearah mereka, FIB ini ternyata datang diperintah oleh Agent Sanchez yang menghianati Steve Haines untuk membongkar bisnis kotornya. Kemudian muncul juga Merryweather dengan membawa Helikopter Buzzard Attack yang menyuruh mereka semua menyerah. FIB menembak kaki Steve kemudian Steve menembak Sanchez hingga mati ditempat. Terjadi pertempuran besar 3 kubu, Trevor kemudian datang menolong Michael, walaupun dia sudah tak percaya lagi pada Michael. Pada percakapan Trevor dengan Michael di Morningwood, Trevor bisa saja menembak kepala Michael saat itu juga, tapi niat Trevor bukan itu, dia menagih janji Michael tentang perampokan Emas di Union Depository.

Lamar Down

Pacar Franklin, Tanisha datang menemui Franklin di rumahnya, dia mengatakan bahwa Lamar dijebak oleh Stretch dan sedang diculik oleh Ballas di Sawmill, Paleto Forest. Franklin kemudian menelepon Lester agar Lester menghubungi Michael & Trevor untuk membantunya. Setelah ketiga protagonis bertempur dengan Ballas, Franklin mengantar Lamar pulang. Setelah mengantar pulang Steve Haines & Dave menghampiri Franklin, mereka menyuruh Franklin untuk membunuh Trevor karena perilaku kekerasan dan demi tanggung jawabnya dimasa lalu, Franklin menolak dia menyuruh Agen Steve & Dave untuk menyuruh Michael. Dave menegaskan Trevor sudah tidak mempercayai Micheal, Trevor juga tak akan membiarkan Michael mendekat.

Meltdown

Pemutaran perdana film Meltdown akan dimulai, Michael menunggu Jimmy yang akan menjemput Michael didepan Ponsonbys, mereka lalu pergi ke Oriental Theater. Devin menelepon Michael, dia menganggap Michael adalah penyebab kematian Molly serta mengacaukan bisnisnya. Sesampainya disana Devin muncul dan mengatakan keluarganya dalam bahaya. Devin mengirimkan Merryweather untuk membunuh Amanda & Tracey. Michael dan Jimmy kemudian langsung pulang untuk menyelamatkan keluarganya.

Parenting 101 (Optional)

Michael ditelepon oleh Jimmy, yang mengatakan bahwa dia sedang diculik, penculik meminta tebusan. Michael memiliki pilihan untuk menyelamatkan Jimmy atau tidak, jika tidak Jimmy akan mengambil uang 5000 Dolar dari rekening Michael untuk membayar penculik.

Planning the Big Score

Michael, Trevor, Franklin dan Lester berkumpul dalam Unicorn Vanilla untuk membahas rencana pencurian di Union Depository. Mereka membahas metode mana yang harus mereka gunakan dan anggota kru mana yang harus mereka pilih. Disini akan ada 2 pilihan yaitu dengan menggunakan mobil (Subtle) atau menggunakan helikopter (Obvious)

Stingers, Gauntlet (Hs - Subtle)

Sebagai persiapan untuk Subtle, Franklin / Michael / Trevor mencuri mobil Van Polisi yang dilengkapi dengan Stinger / Ranjau Paku, kemudian mencuri 3 mobil mobil gauntlet di 3 lokasi berbeda sesuai dengan informasi lester yang dikirim lewat email, selanjutnya memodifikasi mobil di LS Customs dan mengantarkan mobilnya ke Lock up.

Heist : The Big Score - Subtle

Semuanya kini berkumpul di Vanilla Unicorn untuk mengenakan seragam Security Gruppe untuk menyamar, selanjutnya pergi ke Tunel untuk menghadang dua mobil Gruppe dan melumpuhkan Security nya, mobil tsb dalam rute ke Union Depository untuk mengambil emas. Michael, Trevor, satu Crew dan Security yang ditawan mengambil Emas di Union Depository, sementara Franklin, Lester dan Hacker menunggu ditempat aman serta meretas lampu lalu lintas untuk memperlancar pergerakan mobil Gruppe dan menghindari bertemunya Merryweather yang patroli di jalan. Begitu mobil Gruppe sudah sampai, gerombolan Merryeweather menyergap mereka, Franklin, Trevor & Michael melawan Merryweather, Crew memindahkan Emas ke 4 mobil Gauntlet. Kemudian mereka melarikan diri dari kejaran polisi dengan masing masing membawa emas pada mobilnya, dan akhirnya misi berhasil setelah semua mobil masuk kedalam Truk Trailer yang dikemudikan oleh Crew.

Driller, Sidetracked, Getaway Vehicle (Hs - Obvious)

Sebagai persiapan untuk Obvious, Franklin / Michael / Trevor mencuri HVY Cutter, kendaraan besar untuk mengebor dinding, mencuri kereta menggunakan helikopter serta mempersiapkan Getaway Vehicle mobil 4 pintu yang sudah dimodif di LS Customs.

Heist : The Big Score - Obvious

Semuanya kini berkumpul di Vanilla Unicorn kemudian berpencar untuk tugasnya masing masing, Michael & Crew Gunman 1 masuk kedalam Union Depository untuk melumpuhkan orang didalam, Franklin dan Crew Gunman 2 melalui bekas galian melubangi dinding untuk mengambil emas di penyimpanan bawah Union Depository. Crew Driver 1 mengendarai Helikopter untuk mengangkut emas yang diambil oleh Franklin, Trevor & Lester mengendarai Helikopter untuk mengangkut emas satunya lagi dan melindungi Driver 1 apabila nanti ada musuh. Aksi mereka tentunya tak berjalan mulus, Polisi / NOOSE / FIB dan Merryweather akan menjadi penghambat hingga karakter menjadi bintang 5 (Max Wanted Level). Setelah semua musuh diatasi kedua Helikopter mendaratkan emasnya di Kereta yang dikendarai Crew Driver 2 untuk menuju tempat aman.

MISI TERAKHIR & ENDING GTA V

Devin Weston datang ke rumah Franklin, dia ingin agar Franklin membunuh Michael, Devin mengatakan bahwa Michael itu penghianat, telah melibatkan Franklin dalam kriminal dan FIB, mencelakakan Molly serta Michael telah mengahancurkan beberapa bisnisnya. Sementara itu disisi lain Franklin juga disuruh untuk membunuh Trevor oleh Agen FIB Steve Haines & Dave Norton. Devin juga mengesankan Franklin tentang seperioritasnya dibanding Steve Haines dan Dave Norton. Franklin dihadapatkan dengan 3 pilihan, menuruti Devin Weston untuk membunuh Michael atau menuruti FIB untuk membunuh Trevor atau menyelamatkan Trevor & Michael dan berbalik melawan Devin dan FIB. Ketiga pilihan ini akan muncul di HP Franklin setelah Devin Weston pergi.

A. Kill Trevor (Something Sensible)

Franklin menelepon Trevor mengajak bertemu di El Burro Heights, kemudian menelepon Michael memberitahu akan membunuh Trevor, Franklin meminta bantuan Michael, Michael pun membantu Franklin dalam menghabisi Trevor.

B. Kill Michael (The Time's Come)

Franklin menelepon Michael mengajak bertemu di Grand Senora Desert, kemudian menelepon Trevor memberitahu akan membunuh Michael, Franklin meminta bantuan Trevor, tapi Trevor menolak, dia mengatakan sudah cukup berurusan dengan penghianat dalam hidupnya. Akhirnya Franklin sendirian yang menghabisi Michael.

C. Deathwish (The Third Way)

Franklin menemui Lester meminta saran apa yang harus dilakukan, Lester memiliki ide untuk mempertemukan serta menjebak FIB & Merryweather di Foundry, Murrieta Heights dengan mengatakan bahwa Michael & Trevor buronan yang mereka cari berada disana. Setelah menjemput Lamar, Franklin menemui Michael & Trevor di Foundry yang saling berdebat dan akan saling membunuh satu sama lain, Franklin menenangkan keduanya dan memberitahu bahwa FIB dan Merryweather akan datang. Setelah berhasil menghabisi semua musuh di Foundry tugas mereka belum selesai, mereka juga harus membasmi musuh utama mereka yaitu Stretch, Steve Haines, Wei Cheng, dan Devin Weston.

MISI TAMBAHAN / SAMPINGAN & LAINNYA

Strangers and Freaks
Random Event
Property Management
Flight School
Therapy Session
Stock Car Race
The Murder Mystery
Wildlife Photography
Monkey Mosaics
Misi Rahasia, dll

Selain misi GTA 5 yang utama, terdapat juga misi tambahan yang menambah keunikan alur cerita dalam game, misi sampingan ini bukanlah misi utama dan merupakan misi opsional. Pemain bisa melawatkan maupun menjalankan Side Missions. Misi tambahan ini bervariasi, mulai dari menemui karakter tertentu dalam untuk mendapatkan misi (Strangers & Freaks), menjalankan bisnis properti, belajar ke mengemudikan pesawat, balapan, lomba (triathlon) dan masih banyak lainnya.

Lihat juga : Cara mendapatkan uang banyak di GTA 5


Related

Misi GTA 5 6987964781394820345
item