APA ITU PS3 OFW CFW ODE ? PERBEDAAN KEUNGGULAN DAN KEKURANGANNYA

Apa itu PS3 OFW, CFW ,dan ODE ? Mungkin masih banyak diantara para gamer yang ingin membeli Play Station 3 namun masih bingung mengenai per...




Apa itu PS3 OFW, CFW ,dan ODE ? Mungkin masih banyak diantara para gamer yang ingin membeli Play Station 3 namun masih bingung mengenai perbedaan PS3 jenis OFW, CFW, dan ODE. Pada artikel kali ini tim Hotgame Magazine akan mengulas seputar Konsol Play Station 3 yang masih banyak dilirik oleh banyak gamer. Play Station 3 dibekali dengan Hardware dan Software berkemampuan tinggi sehingga fitur permainan terutama Grafis menjadi lebih realistik jika dibandingkan dengan pendahulunya (Play Station 2 & PS One).

Walaupun konsol Nextgen dari Play Station 3 telah hadir yakni Playstation 4, tapi peminat PS3 masih sangat banyak, ya.. ini bisa disebabkan dari segi harga yang lebih ekonomis dari pada PS4, tentunya masih banyak pula game game PS3 yang masih diproduksi. Kembali lagi ke jenis jenis Konsol PS3, berikut ini adalah perbedaan keunggulan dan kekurangan Playstation OFW, CFW dan ODE.

KEUNGGULAN & KEKURANGAN PLAY STATION 3 OFW, CFW, & ODE


Selain didukung hardware yang mumpuni untuk bermain game, Playstation 3 juga dilengkapi Software termasuk Firmware khusus. Firmware pada PS3 biasanya ada yang sudah mengalami modifikasi (custom) sehingga muncullah jenis Firmware hasil custom atau yang biasa disebut CFW dan ODE.

1. PS3 OFW (Offical Firmware)

PS3 OFW atau Orginal (Official) Firmware merupakan PS3 asli yang dibuat oleh pabrikan Sony sehingga semua perangkas keras dan perangkat lunak asli dari Sony tanpa ada custom atau diutak atik oleh pihak lain. Dengan membeli PS3 jenis OFW, pembeli akan terbebas dari kemungkinan kerusakan konsol akibat utak atik dari pihak lain. Intinya, firmware dalam PS3 adalah firmware resmi dari sony dan akan diperbarui otomatis dari internet tanpa melakukan setting khusus jika ada update firmware baru.

Namun, PS3 OFW ini hanya bisa digunakan untuk memainkan game game Original baik dari Game format PKG berbayar maupun Blue Ray Disk PS3. Tentunya OFW tidak bisa memainkan game bajakan atau non original apalagi game bajakan yang disimpan pada harddisk. Jika kamu menggunakan PS3 OFW kamu juga akan bisa menikmati semua fitur game tanpa terkecuali salah satunya fitur onlinenya. Hampir semua game PS3 memiliki fitur game online sehingga bisa bermain dengan pemain lain melalui internet.

2. PS3 CFW (Custom Firmware)

Yang kedua adalah Custom Firmware, berbeda dengan OFW, CFW merupakan Firmware hasil Kustom atau modifikasi. Sehingga Play Station 3 ini bisa digunakan untuk memainkan game bajakan atau non original. PS3 jenis CFW biasa digunakan untuk bermain game PS3 yang disimpan baik pada Harddisk Internal maupun Eksternal. Namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua versi CFW mendukung semua game bajakan. PS3 CFW biasa kita temai di rental rental PS3.

Kekurangan menggunakan CFW ialah pemain tidak bisa menikmati fitur permainan online, bahkan Sony sendiri akan membanned akun PSN dan konsol kamu jika ketahuan menggunakan Custom Firmware. Jadi PS3 CFW cocok bagi gamer yang tidak memiliki dana lebih untuk memainkan game game original PS3, sekedar informasi harga DVD Game PS3 berkisar 400 ribu hingga 1 juta per game, sementara game bajakan bisa dibeli dengan harga 15 hingga 30 ribu rupiah / game. Tulisan ini tidak bermaksud membenarkan bermain game bajakan ya.. :) Jika mampu belilah game yang original.

3. PS3 ODE / Optical Custom Firmware

ODE merupakan Optical Custom Firmware. jenis ODE lantaran banyak PS3 keluaran terbaru tidak bisa update cfw sehingga membutuhkan pengubahsesuaian hardware tertentu misalnya motherboard. Sebenarnya ODE dan CFW itu sama, yakni sama sama untuk memainkan game non original, perbedaannya hanya pada cara customnya. Jika CWF custom dari segi software makan ODE custom dari segi hardwarenya.

Itulah informasi seputar PS3 OFW, CFW, dan ODE serta masing masing perbedaan keunggulan serta kekurangannya. Ketiga jenis Play Station 3 tersebut sebenarnya hanya berasal dari 1 jenis konsol yakni Play Station 3, hanya saja sudah mengalami modifikasi untuk hal hal tertentu seperti agar bisa memainkan game bajakan.

Lihat juga : 4 Tips Penting dalam Membeli PS3


Related

Konsol 1090082341873470835
item