CARA MENGHUBUNGKAN USB JOYSTICK KE ANDROID UNTUK MAIN GAME

CARA MENGHUBUNGKAN USB JOYSTICK KE ANDROID UNTUK MAIN GAME

Advertisement

Bagaimana cara menghubungkan stik USB ke Android untuk bermain game ? Android merupakan smartphone generasi modern yang banyak digunakan saat ini. Android juga menyediakan fitur menarik bagi pengguna PC khususnya untuk membuka data di Flashdisk menggunakan sambungan USB. Sedangkan bagi gamer, kamu juga bisa untuk menghubungkan USB Joystick ke Android untuk bermain game.


Tidak semua versi android bisa digunakan untuk instal USB Joystick, karena hanya Android yang support USB OTG saja yang bisa digunakan. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghubungkan Stik USB ke Android ? Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain :
  • Kabel USB OTG
  • Android yang sudah mendukung koneksi USB OTG (Root)
  • USB Joystik atau Stik PS3
  • Aplikasi Android : USB/BT Joystick Center.
Jika persiapan diatas sudah tersedia, selanjutnya adalah Instalasi USB Joystick ke Android.

LANGKAH LANGAH INSTALASI USB JOYSTICK KE ANDROID


1. Download aplikasi USB / BT Joystick Center, Instal kemudian buka.


2. Hubungkan Android ke USB OTG dan kemudian hubungkan juga USB Joysticknya. Selanjutnya buka aplikasi USB / BT Joystick Center kemudian tekan menu IME sehingga jadi ON.


3. Lalu akan muncul Input Method USBJoyFreeIME.


4. Tekan OK


5. Tekan SEARCH NORM pada samping kiri.


6. Jika USB Stik terdeteksi maka akan muncul kotak bertuliskan GENERIC USB JOYSTICK (1), coba tekan tombol analog, jika menyala berarti USB Joystick sudah bisa digunakan.


7. Kamu juga bisa cek fungsionalitas tombolnya satu persatu.


Itulah cara menghubungkan USB Joystick ke Android untuk main game. Yang perlu diingat adalah tidak semua game bisa dimainkan menggunakan Joystick yang terpasang ini. Hanya beberapa jenis game saja yang bisa dimainkan seperti game game iso, emulator PSX EPSXE, Emulator PSP PPSSPP, Drastic NDS, dan lain lain. Intinya USB Joystick ini bisa digunakan untuk game game yang menggunakan banyak tombol kontrol.

NOTE  :
Jika Android kamu sudah support USB Joystick via OTG maka kamu tidak perlu menggunakan Aplikasi USB / BT Joystick Center. Pada Android yang support USB Joystick (Lolipop keatas), USB Joystick yang sudah dihubungkan ke Android via USB OTG otomatis akan connect (langsung bisa mengontrol gerakan di Android seperti menggeser / swipe menu & masuk suatu menu aplikasi)


Jika ingin meninggalkan komentar, harap berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam akan saya hapus. Harap maklum.
EmoticonEmoticon