CARA MENGATASI D-SUB / DVI OUT OF RANGE DI MONITOR PC SAAT MAIN GTA 5 & GAME LAINNYA

Apakah kamu sedang menemukan tulisan peringatan di monitor PC yang bertuliskan d-sub out of range 67.5 khz / 60 hz atau out of range 63,9 kh...




Apakah kamu sedang menemukan tulisan peringatan di monitor PC yang bertuliskan d-sub out of range 67.5 khz / 60 hz atau out of range 63,9 khz / 59 hz ? Permasalah ini sebenarnya hanyalah disebabkan oleh resolusi pada monitor komputer yang tidak sesuai dengan resolusi game yang dimainkan (umumnya resolusi layar game, lebih besar dari resolusi layar maksimal monitor) sehingga monitor tidak mampu untuk menampilkan resolusi video pada game.

Kita ambil contoh salah satu game berat GTA 5 yang dimainkan pada monitor PC berukuran 14 inchi (konektor kabel VGA) dengan maksimal Display Resolution hanya 1280 x 768. Jika setingan GTA 5 menggunakan Display Resolution melebihi 1280 x 768 maka peringatan Out of Range ini pasti muncul dan akibatnya kita tidak bisa bermain game. Tapi yang jadi masalah adalah saat game baru saja dibuka maka muncul peringatan ini. Untuk mengatasinya berikut langkah langkahnya.

1. Buka game yang ingin dimainkan.
2. Bila muncul tulisan Out of Range pada monitor langsung tekan ALT+ENTER pada Keyboard.
3. Kemudian game akan muncul dalam modus Window, silahkan ganti Resolution Display yang sesuai dengan monitor. Selesai

Cara ini tak hanya berlaku untuk game GTA 5, tetapi untuk semua game yang muncul error Out of Range saat dibuka. Kebanyakan out of range juga disebabkan setelah memasang GPU dan monitor hanya menggunakan Port kabel VGA.


Related

Tutorial 3726476369689518225
item