CARA MEMASUKKAN SAVE GAME PS2 KE PCSX2 LENGKAP DENGAN GAMBAR

Bagi kamu yang terbiasa main game game PS2 pasti sudah tak asing lagi dengan software Emulator PS2 untuk PC yang bernama PCSX2. Melalui PCSX...




Bagi kamu yang terbiasa main game game PS2 pasti sudah tak asing lagi dengan software Emulator PS2 untuk PC yang bernama PCSX2. Melalui PCSX2 kamu bisa bermain semua game PS2 langsung di PC / Laptop tanpa harus menggunakan mesin Play Station 2. Bisa dibilang juga PCSX2 merupakan versi virtualnya Play Station 2.

Hampir semua game termasuk di game PS2 akan ada berbagai unlockable item yang bisa didapatkan setelah player menyelesaikan proses suatu game sampai di titik tertentu. Misalnya pada game Fighting seperti Tekken, Street Fighter, Bloody Roar, dll player bisa mendapatkan / membuka karakter baru, arena baru, bonus cutscene dan lain sebagainya. Tapi jika kamu malas untuk unlock item sendiri kamu bisa menggunakan save game / save data dari player lain ke PCSX2 mu sehingga semua yang dibutuhkan akan langsung tersedia.

DOWNLOAD DATA SAVE GAME PS2


Ada cukup banyak situs yang menyediakan data / save game untuk game game PS2, misalnya situs Gamefaqs.com. Tapi yang perlu diperhatikan adalah versi save game harus sama dengan versi gamenya, misalnya versi USA, versi Japan atau versi Europe. Contohnya :


Pada screenshot diatas adalah save game untuk game Bloody Roar 4 PS2, ada USA / North America, Japan dan Europe. Nah karena game yang saya gunakan adalah Bloody Roar versi USA maka Save Game File yang didownload adalah versi USA / North America.

ALAT YANG DIBUTUHKAN


Untuk bisa memasukkan save game ke PCSX2 kamu memerlukan alat tambahan / utility yang bernama mymc. mymc nantinya akan digunakan untuk mengakses, import dan export Memory Card yang ada di PCSX2. Kamu bisa download mymc disini. Setelah berhasil di download kemudian Extract dengan Winrar atau sejenisnya.


Setelah di extract maka hasilnya seperti gambar diatas, mymc ini tidak perlu diinstal, cukup diextract saja.

MEMASUKKAN SAVE GAME KE PCSX2

1. Sebelum memulai coba perhatikan gambar dibawah, ini adalah screenshot game Bloody Roar 4, dan ada 5 karakter yang belum terbuka. Saya telah download file save game Bloody Roar 4 yang karakternya sudah terbuka semua, dan akan dimasukkan ke Memory Card PCSX2 melalui tutorial ini.






2. Buka mymc (Aplication)


3. Cari file Memory Card PCSX2 yang bernama Mcd001.ps2, Lokasi memory card PCSX2 ini berada di My Documents > PCSX2 > memcards. Klik OPEN jika sudah ditemukan.


4. Setelah menemukan lokasi Memory Card, mymc akan membaca data data save game di Memory Card PCSX2. Klik IMPORT untuk memasukkan save game yang sudah kamu download sebelumnya.


5. Cari lokasi save game kamu kemudian klik OPEN. Save game PS2 biasanya berekstensi .max.


6. Save Game File sudah berhasil dimasukkan ke Memory Card PCSX2.


7. Berhasil, kini semua karakter sudah terbuka.


Ada satu hal yang perlu diperhatikan, di Memory Card PCSX2 ini tidak bisa menerima data ganda atau replace / overwrite save game file. Jika sebelumnya sudah ada savegame dari game yang sama maka savegame lama harus dihapus dulu, lalu kemudian save game baru bisa dimasukkan.



Related

Tutorial 7513523890770846990
item