CARA SETTING JOYSTICK DI EMULATOR PS2 PCSX2 0.9.8 LAPTOP / PC

Tips Cara setting Joystick di Emulator PS2 ini diperuntukkan bagi para Gamer yang ingin menggunakan Joystick saat bermain Game PS2 yang d...




Tips Cara setting Joystick di Emulator PS2 ini diperuntukkan bagi para Gamer yang ingin menggunakan Joystick saat bermain Game PS2 yang dimainkan melalui Emulator PS2 PCSX2 pada PC / Laptop. Gamers yang tidak biasa menggunakan keyboard untuk bermain game bisa menggunakan Joystick, tentu saja kita harus melakukan penyetingan terlebih dahulu.

Fungsi lain penggunaan Joystick untuk bermain game pada PC / Laptop adalah menjaga keyboard dari resiko kerusakan karena penggunaan tombol tertentu yang mungkin berlebihan.

Berikut langkah-langkah cara setting Joystick di Emulator PS2 :

TESTING JOYSTICK DI PC/LAPTOP

Sebelum setting Joystick lebih baik kita melakukan testing dahulu. Testing ini bertujuan untuk mengecek apakah Joystick sudah terhubung ke dalam PC, berikut langkah-langkahnya :

1. Masukkan USB Joystick pada PC/Laptop.

2. Klik START - Kemudian ketikkan "USB GAME CONTROLLERS" pada kotak SEARCH PROGRAMS AND FILES. Maka akan muncul Menu Set Up USB Game Controllers

3. Pilih dan Klik Menu SET UP USB GAME CONTROLLERS, maka akan muncul box seperti gambar dibawah ini :


Pada tulisan "Generic USB Joystick" dengan status "OK" diatas menunjukkan bahwa Joystick telah sukses terdeteksi dan terhubung pada PC. Selanjutnya klik PROPERTIES untuk mengecek tombol-tombol pada Joystick.

4. Kemudian akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini. Coba tekan tombol dan gerakkan analog pada Joystick. Jika bergerak maka tidak ada masalah pada tombol Joystick, klik OK.


SETTING JOYSTICK DI EMULATOR PS2

Setelah Testing Joystick, selanjutnya kita akan mensetting  Joystick pada Emulator PS2. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka Program EMULATOR PS2 - Pilih Menu CONFIG - CONTROLLERS (PAD) - PLUGIN SETTINGS.


2. Jika ada tulisan USB JOYSTICK (Kotak Merah Bawah), maka JOYSTICK sudah terdeteksi pada EMULATOR ini. Kemudian klik PAD1.


3. Kemudian Arahkan kursor (mouse) pada SQUARE, klik SEKALI, dan tekan tombol KOTAK pada JOYSTICK, Klik TRIANGLE sekali, dan tekan tombol SEGITIGA pada JOYSTICK. Ulangi dengan cara yang sama untuk tombol-tombol lain. Cara ini sama saja dengan setting GAMEPAD pada KEYBOARD, bedanya kita menggunakan JOYSTICK untuk mengatur tombol-tombol.


4. Jika sudah selesai maka akan seperti pada gambar dibawah ini. Selanjutnya klik APPLY dan OK.


Cara setting Joystick di Emulator PS2 sudah selesai. Sekarang kita bisa memainkan game Play Station 2 pada Emulator PS2 dengan menggunakan JOYSTICK. Semoga membantu ^^.


Related

Tutorial 9139375388981093384
item