JAUHKAN GAME GAME DEWASA INI DARI ANAK DIBAWAH UMUR !

JAUHKAN GAME GAME DEWASA INI DARI ANAK DIBAWAH UMUR !

Advertisement

Sebuah game yang dibuat oleh Developer game tentunya memiliki target gamer tersendiri layaknya sebuah film yang. Jika film animasi atau kartun tentu kebanyakan penontonnya adalah anak anak, jika film action yang mengandung kekerasan tentunya penontonnya adalah remaja atau orang dewasa, jika sebuah film mengandung unsur unsur "panas" tentunya film tersebut hanya boleh ditonton oleh orang dewasa, begitupula dengan permainan Video Game.

Seiring dengan perkembangan, sebuah game kini sudah dibuat sedemikian rupa canggihnya hingga grafis mendekati nyata (HD). Unsur unsur dalam kehidupan masyarakat modern seperti perkataan kotor, tindakan kriminal bahkan perilaku "dewasa" kini juga sudah banyak yang masuk dalam dunia game, terutama untuk game game open world. Pengawasan orang tua sangat penting untuk meminimalisir terjadinya efek negatif bermain game pada anak. Berikut adalah beberapa game yang harus dijauhkan dari jangkauan anak dibawah umur.

THE WITCHER 2 & THE WITCHER 3


The Witcher ini adalah sebuah game bergenre action adventure di zaman dulu ketika magic masih melekat kental. Walaupun hanyalah sebuah game petualangan game ini dibalut dengan adegan adegan tak senonoh.

LEISURE SUIT LARRY MAGNA CUM LAUDE


Game ini adalah game untuk PC Windows, Play Station 2 dan XBOX yang memainkan seorang tokoh bernama larry. Pemain harus menggoda para wanita  untuk menyelesaikan misi, hal yang paling kontroversi ialah adanya nude mode yang membuat para wanita tampil tanpa busana, dan beberapa adegan yang tak pantas dimainkan bagi gamer dibawah umur.

7 SINS


7 Sins adalah game simulasi kehidupan yang dibuat oleh Monte Cristo. Dalam game ini pemain akan memerankan seorang lelaki yang menggoda dan memanfaatkan para wanita. Ada serangkaian adegan yang tak pantas dilihat oleh gamer dibawah umur.

PLAYBOY THE MANSION


Playboy the Mansion adalah game bisnis simulasi yang dikembangkan oleh Cyberlore Studios. Game ini dirilis pada tahun 2005 untuk PC, XBOX dan Play Station 2. Walaupun adegan dalam game tak seeksplisit The Witcher, game ini tetap tidak pantas dimainkan oleh anak dibawah umur.

Berikut ini adalah rangkuman cuplikan video video diatas :

Video : Game Dewasa
 
Sedikit tips untuk orang tua mengatasi game dewasa yang tak cocok untuk anak anak. Dalam sebuah Cover CD / DVD game biasanya terdapat informasi rating game oleh ESRB. Dengan keterangan sebagai berikut :

  • Early Childhood (EC) : Game memang dibuat untuk anak anak kecil misalnya puzzle, game untuk pembelajaran.
  • Everyone (E) : Game yang bisa dimainkan oleh semua orang tanpa batasan usia
  • Everyone (E10+) : Game yang boleh dimainkan oleh yang berusia 10 tahun keatas
  • Teen (T) : Game yang hanya boleh dimainkan oleh yang berusia 13 tahun keatas, game biasa mengandung sedikit kekerasan dan bahasa yang sedikit sensitif.
  • Mature (M): Game yang hanya boleh dimainkan oleh mereka yang berumur 17 tahun keatas, game biasanya mengandung unsur kekerasan, penggunaan obat, bahasa yang kasar, dan sedikit tema sensual.
  • Adult Only (AO): Game yang hanya dimainkan oleh orang dewasa karena mengandung unsur unsur dewasa (tanpa sensor)
  • Rating Pending (RP) : Game yang belum diberikan rating oleh ESRB.



Jika ingin meninggalkan komentar, harap berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam akan saya hapus. Harap maklum.
EmoticonEmoticon