APA ITU PCSX2 ? CARA MENGGUNAKAN EMULATOR PCSX2 UNTUK MAIN GAME PS2

Apa itu PCSX2 ? Bagi gamer PC yang suka / pernah main game game PS2 pastilah sudah mengenal atau paling tidak mendengar tentang PCSX2. PCSX2...




Apa itu PCSX2 ? Bagi gamer PC yang suka / pernah main game game PS2 pastilah sudah mengenal atau paling tidak mendengar tentang PCSX2. PCSX2 adalah sebuah software Emulator Play Station 2 yang bisa digunakan untuk memainkan game game PS2 langsung melalui PC atau Laptop. PCSX2 sudah mendukung lebih dari 2000 judul game PS2 sehingga game game PS2 bisa berjalan dan bisa dimainkan dengan smooth dan lancar di PCSX2.

PCSX2 ini sangat cocok bagi kamu yang doyan main game PS2 atau sekedar untuk Nostalgia dengan game game PS2 mengingat saat ini sudah cukup jarang ada yang menjual mesin PS2. Nah dengan emulator PS2 ini, kamu tak perlu menggunakan PS2 untuk main game PS2, cukup dengan PCSX2 kamu bisa bermain game PS2 apa saja mulai dari game bola, game pertarungan, game petualangan, balapan rpg, dan game game PS2 populer lainnya.

SPESIFIKASI PC UNTUK PCSX2


Sebelum memutuskan untuk menggunakan PCSX2, ketahui dulu spesifikasi minimum dan recomended PC / Laptop untuk bisa menjalankan PCSX2. Berikut adalah spesifikasi Laptop / PC untuk bisa menjalankan PCSX2.

Minimum :

OS : Linux / Windows
CPU : Semua CPU yang mendukung SSE2 mulai dari Intel pentium 4 atau diatasnya, Amd Anthlon64 atau diatasnya.
GPU : Semua GPU yang support Pixel Shader model 2.0 (kecuali Nvidia FX Series karena akan berjalan lambat).
RAM : 512 MB (khusus Windows Vista membutuhkan 2 GB)

Direkomendasikan :

OS : Windows Vista / 7 / 8 10 (32 atau 64 bit) dengan DirectX terbaru
CPU : Intel Core 2 Duo 3,2 GHz atau diatasnya bisa i3,i5,i7,pentium G Kaby Lake, dll / AMD Phenom II 3,2 GHZ atau diatasnya
GPU : nVidia Ge Force 8800 GT, 9600, GT240 atau diatasnya / ATI Radeon Series HD 3600, 4600, 5600 atau diatasnya. dengan VRAM minimal 256 MB direkomendasikan 1GB
RAM : 1 GB untuk Linux dan XP, 2 GB untuk Vista dan Windows 7 atau lebih tinggi lebih baik.

Selain itu kamu juga memerlukan Software tambahan : DirectX 9.0 Redistributale (June 10), software ini digunakan untuk menjalankan plugin grafis pada Gsdx di emulator PS2

DOWNLOAD & INSTAL PCSX2


Jika dirasa PC cukup kuat untuk menghandle emulator PS2 PCSX2, maka selanjutnya kamu bisa download PCSX2 di https://pcsx2.net/download.html, lalu pilih yang sesuai dengan OS PC kamu. Setelah PCSX2 berhasil diunduh bisa langsung di Instal. Cara instalasinya bisa kamu lihat pada artikel ini : cara setting PCSX2 sudah dibuatkan dalam artikel terpisah yang lengkap dengan gambar step by step termasuk setting Stik / Controller baik dengan Keyboard dan USB Controller Stik.

DOWNLOAD GAME PS2 ISO


Selanjutnya adalah download game PS2, sebenarnya ada 2 cara dalam memainkan game PS2, yang pertama adalah dengan menggunakan DVD game PS2. Jika menggunakan kaset / DVD maka kamu memerlukan software untuk mengubah file game di DVD PS2 menjadi berformat ISO, kamu bisa menggunakan software gratisan seperti Format Factory.

Yang kedua adalah dengan langsung menggunakan file game PS2 yang sudah berformat ISO. Game game PS2 ISO ini bisa kamu download di beberapa situs penyedia file game ISO PS2 seperti :
  • Wowroms.com
  • Coolrom.com
  • Portalroms.com
  • Emuparadise.me
  • Romhustler.com
  • Dll.
Setelah file ISO PS2 berhasil diunduh, jangan lupa untuk mengekstraknya dengan Winrar atau sejenisnya, karena biasanya file file game tsb masih berbentuk RAR atau ZIP.

MAIN GAME PS2 DI PCSX 2


Setelah PCSX2 sudah tersetting dengan benar dan file game PS2 ISO sudah berhasil didownload atau kamu sudah punya DVD game PS2, sekarang kamu bisa langsung main game PS2 menggunakan PCSX2. Caranya cukup mudah :

1. Buka PCSX > CDVD > Browse > Pilih file game PS2 ISO (atau BIN)

2. Klik System > Boot CDVD full / fast (bebas)


3. Game sudah berjalan dan bisa dimainkan :

God of War 2 - PS2 (PCSX2)

Bloody Roar 4 - PS2 (PCSX2)

RE 4 - PS2 (PCSX2)

Tekken 5 - PS2 (PCSX2)

MK Shaolin Monk - PS2 (PCSX2)

GTA San Andreas - PS2 (PCSX2)

Begitulah tentang pembahasan PCSX2 serta cara memainkan game PS2 di PC Laptop dengan emulator PS2. Selain untuk Linux dan Windows, PCSX2 ini juga bisa digunakan di MAC.


Related

Tutorial 8424887890516402784
item