6 MOMEN PALING KONTROVERSIAL DI GRAND THEFT AUTO THE SERIES

6 MOMEN PALING KONTROVERSIAL DI GRAND THEFT AUTO THE SERIES

Advertisement

Grand Theft Auto adalah salah satu seri video game yang paling populer dan kritis diakui video game yang pernah dirilis. Seri game ini berisi lebih dari selusin game banyak yang telah menjadi game terlaris di tahun peluncurannya. Keberhasilan ini tentu dibumbui dengan berbagai hal kontroversi. Banyak seri dari Grand Theft Auto telah menarik kemarahan dari banyak kelompok baik orangtua, lembaga penegak hukum, dan banyak kelompok kepentingan khusus lainnya karena penggambaran kegiatan kriminal dalam game serta perilaku yang bertentangan dengan moral banyak yang diwakili oleh kelompok-kelompok ini.

Walaupun demikian Game game besutan Rockstar ini tetap menjadi deretan paling atas game terlaris di dunia, bahkan game GTA V telah dianugerahi 7 rekor dunia sekaligus. Daftar berikut ini adalah daftar dari beberapa momen paling kontroversial di serial Grand Theft Auto.

GTA V - MEMBUNUH WANITA MALAM AGAR DAPAT UANG



Wanita malam di Grand Theft Auto the Series telah ada sejak Grand Theft Auto III dan interaksi karakter tetap relatif sama dengan GTA yang lain. Fakta sederhana yang menggambarkan prostitusi di video game cukup kontroversial. Setelah pemain membayar jasa esek esek dari wanita malam, pemain bisa memukul bahkan membunuh si wanita nakal tersebut kemudian mengambil kembali uang yang telah dibayarkan.

Aspek open world pada Grand Theft Auto game memberikan pemain  kebebasan untuk melakukan apapun dalam game, baik legal atau ilegal yang mereka inginkan, dan ini telah melahirkan salah satu aspek yang paling kontroversial untuk game Grand Theft Auto.

GTA II : KEKERASAN DAN KEJAHATAN



Dengan standar bermain game dan konten dari Grand Theft Auto asli bisa dibilang cukup aman, tetapi pada saat peluncurannya Grand Theft Auto 2  menciptakan cukup banyak hal kontroversial dengan penggambaran dari kehidupan kekerasan dan kejahatan. Salah satu elemen paling kontroversial dan kerap ditemui dalam semua seri GTA adalah pembunuhan pejalan kaki yang dapat ditemukan berjalan dalam kelompok hal ini dikenal dengang nama "Killing Hare Khrisna".

GTA : THE LOST AND DAMNED : KETELANJANGAN FRONTAL



GTA: The Lost And Damned adalah ekspansi pertama dari dua ekspansi pada Grand Theft Auto IV yang menampilkan protagonis baru yang bernama bernama Johnny Klebitz. Kontroversi seputar Grand Theft Auto : TLAD berasal dari cutscene Politics Mission di mana Tom Stubbs terlihat keluar dari tempat tidur tanpa mengenakan pakaian apapun. Adegan ini dikritik oleh kelompok orang tua yang salah satunya mengeluarkan peringatan publik bahwa permainan ini lebih kontroversial daripada permainan lainnya dalam seri penampilan ketelanjangan frontal secara penuh pada laki-laki.

GTA : VICE CITY - PEMBUNUHAN ORANG HAITI, RASISME, KERUSUHAN



Salah satu kontroversi besar lainnya di Grand Theft Auto game adalah bagaimana kelompok etnis dan ras tertentu yang digambarkan dan dimasukkan dalam alur cerita game. Di Grand Theft Auto Vice City terdapat kontroversi penggambaran dua geng saingan dalam permainan yakni geng Kuba dan geng Haiti. Kelompok Kuba dan Haiti berpendapat bahwa permainan akan menghasut kekerasan terhadap anggota komunitas mereka karena isi permainan termasuk misi dan dialog khusus untuk membunuh para anggota geng Haiti.

GTA V - PENYIKSAAN SADIS



Pada tahun 2014, setelah merilis Grand Theft Auto V untuk PlayStation 4 dan Xbox One, Rockstar kembali diserang lagi. Kali ini dari kelompok hak asasi manusia, atas tuduhan penggambaran kebebasan Penyiksaan  secara frontal dan sadis. Adegan penyiksaan ditemukan dalam misi "By The Book" di mana pemain yang diperintahkan oleh FBI menyiksa tersangka teroris untuk mendapatkan informasi. Pemain memiliki sejumlah metode penyiksaan seperti  listrik, air keras, pencabutan gigi dengan tang, dan pemukulan dengan kunci inggris. Jika tersangka teroris sekarat saat disiksa, pemain dilengkapi dengan suntikan adrenalin untuk mengembalikan stamina si teroris.

GTA SAN ANDREAS - HOT COFFEE



Moment kontroversial di GTA yang terakhir datang dari GTA San Andreas dengan adanya Hot Coffe Mod. Pemain bisa mengajak pacarnya untuk melakukan hubungan s3ksu4l setelah berhasil mengencaninya. Hot Coffee Mod  dirilis pada bulan Juni 2005 oleh modder asal belanda Patrick Wildenborg, dengan Hot Coffe Mod memungkinkan pemain untuk masuk rumah dan bermain mini-game yang melibatkan hubungan s3ksu4l antara karakter utama dan pacarnya.


Jika ingin meninggalkan komentar, harap berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam akan saya hapus. Harap maklum.
EmoticonEmoticon