MENGATASI PS3 RUSAK DILIHAT DARI WARNA LED INDIKATORNYA

PS3 rusak memang menyebalkan, apalagi jika masih senang senangnya main Game yang ada di Play Station 3. Tidak ada makluk yang sempurna, beg...




PS3 rusak memang menyebalkan, apalagi jika masih senang senangnya main Game yang ada di Play Station 3. Tidak ada makluk yang sempurna, begitupun dengan konsol video Game Play Station 3, secanggih canggihnya teknologi pasti ada kelemahannya juga. Kerusakan Play Station 3 jenis CFW atau ODE memiliki kemungkinan kerusakan lebih tinggi jika dibandingkan PS3 OFW asli Sony.

Selain dari kesalahan pengguna, faktor kerusakan pada Play Station 3 juga bisa disebabkan dari jenis Play Stationnya, sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa Jenis Play Station 3 CFW dan ODE merupakan PS3 hasil Custom (Jailbreak) yang dilakukan oleh pihak diluar Sony selaku pabrikan pembuat Konsol Play Station resmi. Sehingga mungkin ada beberapa komponen yang tidak sesusai dengan standar pabrik yang tentu saja mengakibatkan kerusakan ringan hingga berat.

MENGENAL KERUSAKAN PS3 MELALUI LED INDIKATOR


Play Station 3 dilengkapi dengan LED indikator yang berfungsi sebagai penandaan jalannya mesin, misalnya LED warna merah, hijau, biru atau kuning (Play Station 3 tipe Fat) dan warna merah / hijau (Play Station 3 tipe slim).

1. LAMPU LED PLAY STATION 3 MATI TOTAL

Apabila lampu led mati itu artinya tombol power mati atau tidak terhubung ke arus listrik / stop kontak

2. LAMPU LED PLAY STATION 3 WARNA MERAH (SOLID RED)

Jika indikator LED pada PS3 menyala dengan warna merah itu menunjukan bahwa mesin dalam keadaan Stand By

3. LAMPU LED PS3 NYALA WARNA HIJAU (GREEN LED)

Warna LED warna hijau pada Play Station 3 menunjukkan bahwa mesin dalam keadaan normal dan sedang menyala (Bisa main Game PS3, masuk Play Station Store, Homebrew, XMB).

4. LAMPU LED PS3 MERAH KEDIP KEDIP (FLASHING RED)

Apabila nyala lampu PS3 kedap-kedip berwarna merah sesaat setelah main game, atau waktu dinyalakan langsung mati dan nyala merah kedip kedip, kemungkinan besar over heating (panas berlebih) atau sudah terlalu lama tidak digunakan. Hal ini diperlukan penanganan utama dengan cara membersihkan debu pada kisi PS3, memberi angin2 atau kipas tambahan, atau mengganti thermal paste. Namun jika"penyakit" ini tidak kunjung sembuh sebaiknya dikonsultasikan ke mekanik PS3.
5. LED FLASHING GREEN,  SOLID BLUE, FLASHING BLUE
  • Flashing Green (kedip kedip biru) : Play Station3 dalam proses Shut Down.
  • Solid Blue (nyala biru) : Hal ini terjadi biasanya karena Disk Tray PS3 tertimbun Blu Ray disk lain (bisa di eject)
  • Flashing Blue (Kedip2 biru) : Play Station 3 dalam proses pengeluaran / pemasukan Bluray Disk

6.PLAY STATION 3 YLOD

YLOD PS3 biasa terjadi pada PS3 tipe Fat, tapi tidak menyimpan kemungkingkan bahwa PS3 slim juga bisa terkena Ylod. Tanda Ylod bisa dilihat dari LED Indikator PS3, pertama nyala hijau, kuning lalu kedip kedip merah. Penyebab Ylod bisa bermacam macam seperti mesin terlalu panas (Overheat), sambungan timah retak, Hardware tak berfungsi sebagaimana mestinya dll. Ylod mengakibatkan Play Station 3 tidak bisa digunakan (tidak bisa Load dan tidak bisa masuk ke Screen menu PS3). Ylod adalah gejala kerusakan pada PS3 dan hanya bisa disembuhkan dengan mereparasi bagian yang rusak, untuk hal ini sebaiknya langsung dikonsultasikan ke "Dokter PS3" terdekat di kota kamu.

Itulah informasi seputar cara mengatasi PS3 rusak dilihat dari warna LEDnya. Kerusakan pada PS3 biasanya juga disebabkan karena sudah lama tidak dipakai (khusunya CFW / ODE), sehingga agar tidak terjadi demikian disarankan untuk memanaskan Play Station 3 minimal 10 menit tiap hari. Semoga bermanfaat.


Related

Konsol 5697340197065326232
item