APA ITU YLOD PS3 ? CARA MEMPERBAIKI & MENCEGAH YLOD PADA PS3




Apa itu YLOD pada PS3 ? YLOD adalah singkatan dari Yellow Light of Death. YLOD PS3 sebenarnya merupakan suatu kondisi dimana Play Station 3 tidak bisa dioperasikan (mati) karena Overheat atau panas berlebih pada bagian Processor dan GPU PS3. Kasus YLOD ini sering terjadi pada konsol Sony Play Station 3 tipe Fat dan PS3 Slim (versi tertentu). Ciri ciri YLOD adalah lampu Led PS3 berkedip kedip saat dinyalakan, kedip kedip warna kuning pada PS3 Fat dan kedip kedip warna merah pada PS3 Slim.

Penyebab YLOD pada PS3 adalah karena mesin terlalu panas. Play Station 3 Fat merupakan konsol yang paling rentan terhadap penyakit YLOD, ukuran processornya adalah 60 dan 65 nm sehingga sangat mudah overheat jika digunakan dalam waktu yang lama tanpa adanya alat pendingin tambahan yang memadahi. Namun kemungkinan YLOD juga bisa terjadi pada konsol PS3 Slim, terutama untuk versi CECH 2xxx. PS3 Slim dengan versi CECH tersebut memiliki ukuran Prosesor sama dengan PS3 Fat. Versi Cech PS3 bisa dilihat pada bagian bawah mesin PS3 kamu.

CARA MEMPERBAIKI PLAY STATION 3 YLOD


Lalu bagaimana cara memperbaiki PS3 yang sudah terlanjur YLOD ? Pada dasarnya PS3 Ylod bisa diperbaiki dengan metode Pamanasan dan Reballing. Teknik sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pemanasan sendiri, adapun beberapa alat yang diperlukan antara lain :
- Obeng
- Thermal Paste
- Blower (Thermal Gun)
- Kuas
- Tissu
  • Cara memperbaiki : Bongkar Casing PS3 dengan obeng kemudian pakai tisu untuk membersihkan termal paste lama yang ada di GPU, Prosesor, dan Mainboard, lakukan juga pada heatsinknya.
  • Bersihkan heatsink dan kipas pada PS3 dari debu dan kotoran menggunakan kuas.
  • Lalu gunakan blower untuk memanaskan GPU dan Processor, panaskan tak lebih dari 3 menit dengan jarak 1 cm, pemanasan jangan terlalu lama agar PCB & Mainboard PS3 tidak rusak.
  • Jika sudah, pasanglah Thermal Paste yang baru pada Processor, GPU, dan Heatsink, terakhir tutup kembali casing PS3nya.
  • Silahkan coba PS3nya.
*Bila kamu tidak bisa memperbaiki sendiri atau takut PS3 menjadi rusak, lebih baik diservis ke ahlinya.

CARA MENCEGAH PS3 AGAR TIDAK MUDAH YLOD


Selajutnya adalah tips untuk mencegah YLOD pada PS3. Sebaiknya bagi kamu yang ingin membeli PS3 baik PS3 OFW, CFW, & ODE, hindarilah PS3 Fat apapun alasannya, karena untuk PS3 Fat kemungkinan terjadi YLOD sangat besar. Tetapi bila sudah terlanjur membeli PS3 Fat atau Slim, simak tips berikut agar PS3 tidak mudah terserang penyakit YLOD.

1. Gunakan PS3 sewajarnya
Jangan gunakan PS3 seharian penuh atau Nonstop, hal ini bisa mempercepat overheat pada PS3 yang berakibat YLOD

2. Penempatan PS3
Jangan letakkan PS3 diatas karpet, kasur, kain, atau apa saja yang bisa menyebabkan overheat (memperlambat keluarnya suhu panas PS3) saat PS3 digunakan.

3. Thermal Paste
Gantilah Thermal Paste yang ada pada ic processor dan ic cpu secara berkala (lebih baik 6 bulan sekali), Thermal paste yang kering pada CPU dan Processor bisa mengakibatkan YLOD. Satu lagi, Thermal Paste yang digunakan haruslah berkualitas, jangan murahan.

4. Pendingin PS3 
Usahakan PS3 tetap dingin saat digunakan, hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan fan / kipas angin / turbo fan saat PS3 dimainkan. Banyaknya kipas tergantung dari tingkat panasnya PS3. Penempatan PS3 diruangan ber AC juga bisa mendinginkan PS3.

Itulah informasi seputar Apa itu YLOD PS3, cara memperbaiki & mencegah YLOD pada PS3. Harga konsol PS3 tidaklah murah, sehingga kamu harus benar benar memperhatikan pemakaian agar PS3 tahan lama dan awet, walaupun nantinya dijual lagi harganya tidak banyak turun karena PS3 memang tidak pernah terjadi masalah (kerusakan). Semoga bermanfaat.


Related

Konsol 2267826444365549868
item