13 GAME PALING KONTROVERSI DALAM SEJARAH VIDEO GAME (UPDATE)

13 GAME PALING KONTROVERSI DALAM SEJARAH VIDEO GAME (UPDATE)

Advertisement

Ada beberapa game paling kontroversi dalam sejarah video game yang mungkin belum kamu ketahui. Game game tersebut umumnya melecehkan suatu kaum, ras, negara bahkan agama. Beberapa game yang mengundang kontroversi juga karena materi dalam permainan juga mempropagandakan suatu hal serta melanggar hukum dan juga telah diprotes oleh berbagai lembaga (umumnya lembaga HAM) atau organisasi organisasi tertentu.

Jadi selain untuk hiburan belaka, ternyata game game kontroversial yang akan dibahas dibawah ini juga memiliki beberapa konsep yang "nyeleneh" bahkan bisa dianggap tabu apabila dimainakan oleh gamer dewasa sekalipun. Tentunya game game tersebut juga sangat dilarang dimainkan oleh anak anak yang akan dikhawatirkan akan berakibat buruk baginya. Dalam hal ini Hotgamemagazine.com tidak menggembor-gemborkan bahkan mendukung game game yang akan dibahas, namun kami berusaha mengulas hal kontroversinya saja, dengan tujuan kamu lebih selektif dalam memainkan game atau orang tua lebih selektif dalam memilih game untuk anaknya.

GAME PALING KONTROVERSI DALAM SEJARAH VIDEO GAME


1. GAME KONTROVERSI - MASS EFFECT


Jenis kontroversi : Merendahkan kaum wanita
Oleh banyak gamer, Mass Effect bisa dibilang adalah game RPG terbaik, namun gelar tersebut tidak membuatnya luput dari hal kontroversi. Game ini dianggap merendahkan kaum wanita, dimana karakter protagonis bisa menjalin hubungan dengan karakter wanita dan bisa menidurinya dan bisa diulangi kapanpun. Hal ini dianggap amoral dan seolah olah tujuan permainan hanya tertuju pada s3x.

2. GAME KONTROVERSI - SAINTS ROW 4


Jenis kontroversi : Penggunaan Obat obat terlarang.
Game ini merupakan game OpenWorld seperti GTA, namun ini mendapatkan protes keras bahkan di Blokir peredarannya di Australia. Yang menjadi kontroversi dalam game ini adalah pada misi "Alien Narc0tics", gamer akan mendapatkan Rewards berupa obat2an terlarang jika berhasil menyelesaikan misi.

3. GAME KONTROVERSI - GTA SAN ANDREAS


Jenis kontroversi : Tindakan kekerasan terlalu berlebihan.
Siapa yang tak kenal dengan GTA San Andreas, game ini masih tetap eksis sampai sekarang, tapi tahukah kamu bahwa GTA San Andreas pernah tercatat memiliki rekor buruk di Guinness World of Record "Gamers Edition" dengan menerima lebih dari 4.000 artikel di media yang bertajuk protes karena adegan dalam game dinilai memiliki tidakan kriminal dan kekerasan yang berlebih, apalagi ditambah dengan Mod Hot Coffenya.

4.  GAME KONTROVERSI - RESIDENT EVIL 5


Jenis kontroversi : Rasisme
Dalam versi game kali ini Resident Evil 5 berlatar belakang di Afrika, pemain harus menembaki penduduk lokal yang terinveksi virus. Hal ini dinilai merendahkan orang orang kulit hitam di Afrika.

5. GAME KONTROVERSI - DEVIL MAY CRY


Jenis kontroversi : Penghinaan terhadap agama Islam.
Game ini bercerita tentang melawan setan dengan menembus 12 pintu, pada akhir pintu nampaknya biasa saja, namun sangat mencengangkan Pintu tsb mirip dengan Pintu Ka'bah, bahkan ada lazadz Allah SWT dipintu tsb. Game ini sudah banyak diulas oleh banyak blog terdahulu.

6. GAME KONTROVERSI - RESIDENT EVIL 4

Jenis kontroversi : Penghinaan terhadap agama
Resident Evil kembali lagi dengan hal kontroversi dan bisa dikatakan menghina Agama (dalam hal ini Islam). Jika dalam Devil May Cry menggunakan pintu Ka'bah, maka dalam game ini menggunakan Pintu rumah Umar bin Khatab R.A sebagai sarang Zombie. Sudah sangat jelas bahwa game ini memang menghina Agama Islam. Selain itu ada juga game game kontroversi serupa yang dinilai menghina Islam sehingga peredaraannya banyak di blokir dinegara Islam Timur Tengah seperti :
  • Stronghold Crussade
  • Clive Barker's Undying
  • Prince of Persia
  • Zack and Wiki
  • Dante's Inferno, dll
Lebih lengkapnya kamu bisa lihat di Youtube tentang "Game game menghina Islam".

7. GAME KONTROVERSI - CALL OF DUTY MODERN WARFARE 2


Jenis kontroversi : Aksi terorisme
Game ini dinilai mampu mengembangkan pola pikir aksi terorisme ke pemainnya, karena nampak gameplay pembantaian massal dan aksi yang tak berperikemanusiaan.

8. GAME KONTROVERSI - GTA V


Jenis kontroversi : Aksi kriminal yang berlebih
Selain mendapatkan rekor terbaik dalam hal penjualan game ini sebenarnya juga memliki hal hal yang berbau kontroversi sama halnya GTA San Andreas, GTA 4 (ketelanjangan frontal), dll. Berikut ini adalah hal hal yang dianggap kontroversi di GTA V : Momen Kontroversial di GTA V

9. GAME KONTROVERSI - RAPELAY


Jenis kontroversi : Eksploitasi & merendahkan wanita
Dari judulnya saja sudah diketahui bahwa game ini berbau kontroversi. Pemain akan disuruh untuk menggoda wanita hingga dan selanjutnya melakukan kekerasan s3ksu4l dan pem3rk0s44n. Game asal jepang ini dilarang beredar hampir diseluruh dunia.

10. GAME KONTROVERSI - SILENT HILL


Jenis kontroversi : Kekerasan pada anak.
Grey Child adalah nama sosok makhuk halus yang ada pada game Silent Hill, sosok ini seukuran anak kecil yang harus dibunuh agar lebih mudah menuju chapter selanjutnya. Namun adanya sosok Grey Child menjadi kontroversi karena dianggap sebagai aksi yang bisa menyebabkan kekerasan pada anak. Tetapi pihak pengembang sudah mendesain ulang sosok ini sehingga Grey Child sudah bukan sosok anak kecil lagi.

11. GAME KONTROVERSI - DEAD ISLAND RIPTIDE


Jenis kontroversi : Penghinaan pada wanita
Sebenarnya yang menjadi kontroversi bukanlah gamenya, tapi bonus cinderamata / mainan yang berupa tubuh wanita berbikini yang termutilasi saat preorder.  Hal tersebut menjadi akar utama kontroversi pada Dead Island Riptide yang dianggap melecehkan wanita.

12. GAME KONTROVERSI - BULLY SCHOLARSHIP


Jenis kontroversi : Kekerasan remaja
Game Bully Scolarship merupakan game PS2 Xbox 360 dan PC (dirilis untuk PS2, XBOX 360 & PC), dari judulnya tentunya kita sudah bisa mengartikan bahwa game ini bertema kekerasan / bullying. Hal ini dikhawatirkan akan mendorong anak remaja untuk melakukan bullying seperti pada game.

13. GAME KONTROVERSI - POSTAL 2
 

Jenis kontroversi : Kekejaman berlebih
Mungkin game inilah yang paling kejam, game Postal 2 rilis pada tahun 98, genrenya sendiri lebih condong seperti GTA, tetapi sudut pandang pemain kebanyakan First Person, ada banyak adegan kekejaman dalam game ini mulai dari menyiksa orang tak berdosa (ditembak, digergaji, dibakar, disekop, dimutilasi, dll) bahkan banyak adegan penyiksaan hewan. Game ini dinilai tidak pantas dimainkan, karena lebih mengedepankan kekejaman visual. Berikut rangkuman videonya :


Itulah game paling kontroversi dalam sejarah video game versi Hot Game Magazine. Apapun game yang kita mainkan haruslah kita bisa menyaring dan membedakan antara tindakan yang pantas ditiru dan tidak pantas ditiru seperti halnya jika nonton film.


Jika ingin meninggalkan komentar, harap berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam akan saya hapus. Harap maklum.
EmoticonEmoticon