MENGENAL APA ITU GAME MMO MMORPG MMORTS MOBA MMOFPS MMPSPORTS DLL

Apa itu game MMO ? Bagi gamer PC pastilah tak asing lagi jenis jenis game seperti World of Warcraft, Defense of the Ancient, atau Point Bla...




Apa itu game MMO ? Bagi gamer PC pastilah tak asing lagi jenis jenis game seperti World of Warcraft, Defense of the Ancient, atau Point Blank. Beberapa game tersebut merupakan jenis game MMO atau merupakan kependekan dari Massively Multiplayer Online. Game game jenis MMO bisa dimainkan secara Masif dan Online (terhubung koneksi Internet) serta melibatkan banyak player lain yang juga memainkan game yang sama. Dalam game MMO biasanya kita akan berinteraksi dengan player lain untuk menyelesaikan quest atau misi.

Ada banyak sekali game game MMO baik MMO di PC atau MMO untuk Android/iOS, mulai dari grafis 2D hingga grafis 3D. Sedangkan untuk pembagian genre Game, MMO terdiri dari beberapa jenis lagi yang lebih spesifik. Berikut ini adalah beberapa pembagian game MMO.

MMORPG (MASSIVELY MULTIPLAYER ONLINE ROLE-PLAYING GAME)


MMORPG merupakan gabungan dari MMO dan RPG, bisa dikatakan juga bahwa MMORPG adalah versi Onlinenya game RPG. RPG sendiri adalah game yang pemainnya mengontrol suatu karakter, dimana seiring berjalannya waktu karakter tersebut akan berkembang serta bisa berinteraksi dengan player lain. Contoh game MMORPG antara lain : World Of Warcraft, Dragon Nest, RF Online, Ragnarok online, Cabal Online, Perfect World, Aion online, dll.

MOBA (MULTIPLAYER ONLINE BATTLE ARENA)

Game Online jenis MOBA sebenarnya memiliki sedikit elemen yang sama dengan RPG seperti stat poin, skil poin dan lain sebagainya. Namun tak ada elemen leveling dan grinding dalam game game MOBA. Dalam game game MOBA, pemain akan mengendalikan jagoannya dengan skill unik dan berbeda untuk bertarung. Moba biasa juga disebut dengan MMORTS atau Massively Multiplayer Online Realtime Strategy. Contoh game game MOBA Antara lain : League of Legends, Dota 2, Heroes of Newerth, Chaos Online, dll.

MMOFPS (MASSIVELY MULTIPLAYER ONLINE FIRST PERSON SHOOTER)

MMO FPS merupakan genre untuk game tembak tembakan online, selain MMOFPS ada juga MMPTPS dimana TPS (Third Person Shooter) menggunakan sudut pandang orang ketiga sementara FPS menggunakan sudut pandang orang pertama. Yang membedakan dan 2 jenis ini hanya sudut pandangnya saja. Contoh game MMOFPS (TPS) : Counter-Strike Online, Point Blank, WarRock, AVA, Cross fire, Shadow Company, PlanetSide 2, Project Blackout, Battlefield series.

MMO Sports 

MMO Sports merupakan game online yang mengusung tema olahraga atau Sports. Beberapa contoh game MMO Sports antara lain :  Fifa Online, Fifa Online 2, Fresstyle, Pangya, Empire of Sport dan lain lain

MMO Musical 

Jika MMO Sports merupakan game online bertemakan olahraga, maka lain halnya dengan MMO Musical, game MMO Musical lebih cenderung terhadap permainan online musik. Contohnya : Audition, Idol Street, Nurien dan lain sebagainya.

Itulah informasi seputar apa itu MMO, MMORPG, MMORTS MOBA MMOFPS, dll. Dari sekian banyak genre MMO sebenarnya itu adalah versi game onlinenya dari suatu jenis permainan. Kadang ada juga "hybird" dalam kategori kategori diatas seperti game Puzze Online, Karaoke Online, atau balapan balapan online.


Related

Game Tips 8835848625194579958
item