CARA MAIN GAME PSP DI ANDROID PAKAI USB JOYSTICK DENGAN APLIKASI PPSSPP

Ingin main game PSP di Android ? Sekarang kamu bisa dengan mudah main berbagai game PSP di Android kamu tanpa harus beli PSP asli. Play St...




Ingin main game PSP di Android ? Sekarang kamu bisa dengan mudah main berbagai game PSP di Android kamu tanpa harus beli PSP asli. Play Station Portable atau PSP merupakan sebuah konsol permainan yang dikembangkan di pasarkan oleh Sony. PSP memberikan keleluasaan bagi para gamer yang ingin main game diluar rumah karena bentuknya lebih kecil dari konsol game Sony yang lain, serta sifatnya yang portable alias bisa dibawa kemana-mana.

Untuk saat ini mungkin PSP sudah jarang dijual di toko toko atau retail game karena sudah ada generasi PSP terbaru yakni PS Vita. Walaupun demikian ternyata peminat PSP masih cukup banyak, sehingga game game PSP masih cukup diminati. Bagi kamu yang ingin main game PSP namun tak memiliki perangkat PSP kamu bisa main PSP di Android dengan menggunakan Emulator PSP yang bernama PPSSPP.

Dalam memainkan game PSP diandroid kamu juga bisa menggunakan USB Joystick sebagai controller permainan, apabila tak ingin menggunakan Stik kamu tentu saja masih bisa memainkan, karena emulator ini dilengkapi tombol virtual langsung yang bisa digunakan dan terletak dilayar PPSSPP. Berikut ini langkah langkah Instalasi PPSPP, setting USB Joystick & cara memainkan gamenya.

INSTALASI PPSSPP DI ANDROID


1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memasang / install aplikasi PPSSPP. Download market aplikasi 9Apps Disini agar kamu bisa menginstall PPSSPP secara gratis / tanpa bayar.

2. Bila 9apps sudah terpasang, pada kotak pencarian cara PPSSPP, lalu download dan install seperti biasa. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi sukses terpasang.

3. Jika PPSSPP sudah terpasang maka siap digunakan untuk main game PSP, berikut penampakan aplikasi PPSSPP.

Kamu bisa menggunakan USB Stik atau Stik PS3 untuk dihubungkan ke aplikasi ini. Jika tak ingin menggunakan stik lewati saja langkah  cara setting Joystick di Emulator PSP.

SETTING USB STIK DI EMULATOR PSP


Agar bisa menggunakan USB Joystick maka versi Android kamu haruslah versi 5.0 keatas (Android Lolipop), atau android kamu harus support dengan USB OTG / kabel USB OTG. Jadi selain Joystick kamu juga membutuhkan USB OTG sebagai alat perantara USB Joystick ke perangkat Android. Setelah Stik terhubung ke Android selanjutnya buka Emulator PPSSPP dan pilih menu Setting > Control > Control Mapping.

Disini kamu harus mencocokkan tombol USB Stik dengan tombol control Virtual di aplikasi PPSSPP. Jika merasa kesulitan untuk mencocokkan tombol pada Control Mapping silahkan lihat lebih lengkap Cara menghubungkan Stik di Emulator PSP.

MEMAINKAN GAME PSP DI EMULATR PPSSPP


Setelah langkah diatas sukses, kini saatnya untuk memainkan game PSP di Android. Kamu membutuhkan file game PSP yang berformat ISO atau CSO. Jadi selain instal Emulator PSP yang digunakan sebagai alat / konsol PSP Virtual, maka kita juga harus mengunduh file game PSP yang berformat ISO / CSO. Bila ingin mendapatkan file game PSP secara gratis kamu bisa mengunduhnya di situs situs penyedia ROM (Game ISO) seperti Emuparadise, Coolrom, dan lain sebagainya.

Untuk memainkan gamenya, buka aplikasi PPSSPP lalu cari lokasi game yang ada di memori HP Android yang telah kamu download sebelumnya. Contoh memainkan game PSP di Android juga pernah saya buat artikel sebelumnya saat memainkan game God of War: Chains of Olympus.

Itulah cara main game PSP di android memakai USB Stik ataupun tanpa menggunakan Stik. Disarankan spesifikasi perangkat android kamu memiliki RAM minimal 1 GB serta prosesor Quadcore agar game PSP berjalan lancar tanpa lag. Mengenai lancar tidaknya game pada emulator PSP ini juga bisa disebabkan game yang dimainkan selain pada spesifikasi Android.

Lihat juga : Game PPSSPP petualangan paling seru.


Related

Tutorial 8912585807468955385
item