CARA SETTING JOYSTICK DI PPSSPP ANDROID, iOS, PC (EMULATOR PSP)

Bagaimana cara setting Joystick di PPSSPP ? Bagi sebagian gamer kurang puas rasanya jika main game tanpa menggunakan stik, sekalipun main g...




Bagaimana cara setting Joystick di PPSSPP ? Bagi sebagian gamer kurang puas rasanya jika main game tanpa menggunakan stik, sekalipun main game game di perangkat Android. Smartphone Android merupakan salah satu perangkat yang banyak digunakan saat ini yang bisa dipakai untuk berkomunikasi, browsing, hingga main game. Berbagai aplikasi dan game untuk android sangat pesat perkembangannya mulai dari game game ringan, game sedang, hingga game game yang tergolong besar maupun berbagai aplikasi emulator game konsol yang bisa dijalankan di Android (emulator NES, PSX, PSP, dll). Banyak dari game game dan aplikasi emulator tsb yang sudah mendukung penggunaan Joystick.


Sebagai contoh, kali ini hotgamemagazine akan mengulas seputar cara setting Joystick di aplikasi PPSSPP. Aplikasi PPSSPP merupakan aplikasi emulator PSP yang bisa diinstal di Android / iOS / dan PC untuk memainkan game game PSP yang berformat ISO atau CSO. Cara menggunakan PPSSPP untuk bermain game PSP di Android bisa dilihat disini. Aplikasi PPSSPP sebenarnya sudah dilengkapi tombol virtual seperti di PSP yang asli dan terletak pada layar, namun tombol tombol tersebut dirasa kurang optimal apabila digunakan untuk main game tertentu yang membutuhkan kombinasi tombol stik yang akurat. Untuk mengatasi masalah kecil ini, kamu bisa menggunakan stik USB atau Stik PS3 yang memiliki colokan USB.


MENGHUBUNGKAN STIK KE PPSSPP ANDROID


Sebelum melakukan hal ini, kamu harus memiliki kabel USB OTG, aplikasi PPSSPP, juga USB Joystick, dan juga Smartphone Android yang sudah mendukung fugsi USB OTG. Jika 4 syarat tersebut sudah terpenuhi kamu sudah bisa menghubungkan Stik ke Aplikasi PPSSPP.

1. Hubungkan USB Joystick ke Android dengan USB OTG, biasanya Otomatis Joystick akan terhubung ke Android, untuk membuktikan tekan tombol analog agar menyala atau geser geser menu di Android dengan Joystick.

2. Buka Aplikasi PPSSPP, kemudian pilih menu SETTING.


3. Pilih menu CONTROL , selanjutnya CONTROL MAPPING.


3. Selanjutnya adalah setting tombol. Tekan pada DPAD UP.


4. Kemudian akan muncul menu MAP A NEW KEY FOR UP, tekan tombol ATAS pada Joystick (OK), tekan lagi pada DPAD DOWN lalu tekan tombol BAWAH di Joystick, lakukan hal yang sama untuk tombol tombol KANAN, KIRI, O, X, Kotak, Segitiga, R, L, dll.


5. Jika sudah selesai akan nampak seperti pada gambar dibawah. Tekan BACK untuk kembali, setting Joystick untuk PPSSPP sudah berhasil dilakukan dan bisa langsung digunakan untuk main game.


Itulah cara setting Joystick di PPSSPP Android, hal ini juga bisa dilakukan untuk PPSSPP iOS, maupun PC. Untuk beberapa versi android mungkin Joystick tidak akan otomatis terhubung ke Smartphone, jika hal ini terjadi mungkin kamu harus menggunakan aplikasi tambahan yang bernama USB / BT Joystick Center, cara penggunaan bisa dilihat pada artikel berikut : Cara menghubungkan Joystick ke Android.


Related

Tutorial 8278466855598662399
item