CARA PRAKTIS MAIN GAME PS 1 / PSX DI ANDROID DENGAN EPSXE

Ingin main game klasik PS1 di Android ? Hari ini kamu bisa dengan mudah main game PSX di Android dengan aplikasi Emulator PS1 EPSXE. Seben...




Ingin main game klasik PS1 di Android ? Hari ini kamu bisa dengan mudah main game PSX di Android dengan aplikasi Emulator PS1 EPSXE. Sebenarnya ada beberapa aplikasi Emulator PSX yang bisa digunakan untuk memainkan game PS1 salah satunya adalah EPSXE. Menurut saya aplikasi ini adalah aplikasi paling sempurna untuk memainkan game PSX, selain user interface yang user friendly, aplikasi ini juga sangat ringan (3 MB) dan Support dengan semua game ROM Playstation 1 / ISO yang berformat Cue file.

Selain digunakan untuk memainkan game PS1 di Android, Emulator EPSXE juga tersedia untuk PC (Windows, Linux, dan MacOS). Sebelum install EPSXE anda bisa download aplikasi ini terlebih dahulu di Google Play Store, namun di Playstore aplikasi ini dibandrol dengan harga Rp.49.000. Jika ingin mendapatkan versi yang gratis anda bisa download EPSXE disini. Berikut ini cara instalasinya :

INSTAL EMULATOR PSX / APLIKASI EPSXE DI ANDROID


Bersamaan dengan Download aplikasi EPSXE, kamu juga harus download file yang bernama BIOS, bios ini berfungsi agar aplikasi PSX bisa dijalankan, nama file bios yang harus kamu download adalah scph1001.bin, kamu bisa mencarinya di Google.

1. Instal aplikasi EPSXE di Android kamu seperti biasanya.


2. Kemudian buka File Manager dan buka Folder EPSXE > Bios, letakkan file bios didalam folder bios pada folder aplikasi EPSXE, lalu keluar dan buka aplikasi EPSXE dan pilih menu Run Bios.


3. Secara otomatis EPSXE akan mendeteksi keberadaan file Bios.

MEMAINKAN GAME PS1 DI ANDROID DENGAN EPSXE


1. Sebelum memainkan game, kamu harus mengunduh terlebih dahulu file game PSX (Rom) di situs situs penyedia rom PS1 seperti www.coolrom.com, emuparadise.me, atau freeroms.com. Silahkan cari game apa yang ingin kamu download. File game / ROM PSX tersebut mungkin nantinya masih berbentuk RAR atau ZIP, sehingga kamu perlu mengekstraknya (unrar / unzip), gunakan saja  aplikasi RAR untuk android.


2. Jika game sudah didownload dan sudah di unrar, maka sekarang saatnya untuk memainkan game PSX di Android, buka aplikasi EPSXE lalu pilih Run Game, pilih game yang ingin kamu mainkan, misalnya Bloody Roar 2. Tekan / Tap Game tsb.


3. Game sudah bisa dimainkan. Untuk kontrolernya kamu bisa menggunakan Tombol tombol stik virtual yang ada pada layar EPSXE.


MAIN EPSXE ANDROID DENGAN USB JOYSTICK


Jika kamu terbiasa main game game Playstation dengan menggunakan stik analog, kamu juga menggunakan USB Joystick atau Stik PS3 untuk main game PS1 di android, pada Preferences ada menu khusus untuk mengatur penggunaan Joystick. Pastikan juga Android kamu juga support dengan USB OTG.

1. Hubungkan USB Stik ke Android dengan menggunakan USB OTG.
2. Jika Stik sudah terdeteksi, pilih menu Preferences di EPSXE
3. Selanjutnya pada Input Preferences, pilih Player 1
4. Pada Pad Type PSX pilih USB Joystick kamu
5. Geser kebawah, lalu tekan Player 1 Map Button.
6. Disini kamu akan melakukan konfigurasi tombol (Config Player 1 Button), sekarang tap menu Up dilayar, lalu tekan tombol atas pada stik, lakukan hal yang lama pada semua tombol (right, down, left, start, select, x, kotak, bulat, segitiga, dll), intinya cocoknya saja semua tombol di  layar dengan tombol joystick kamu.

Selesai, sekarang kamu bisa main game PS1 di Android dengan menggunakan USB Joystick. Untuk menyimpan save game, kamu tak perlu menggunakan aplikasi tambahan, aplikasi EPSXE sudah dilengkapi dengan memory card virtual yang bisa digunakan untuk menyimpan game PSX yang kamu mainkan.

Lihat juga : Cara main game PSP di Android


Related

Tutorial 6314498642979089278
item