TUTORIAL CARA INSTALL MOD GTA 4 LENGKAP DENGAN SPARK IV (PLUS GAMBAR)

Bagi anda yang bosan dengan tampilan kendaraan, bangunan, senjata, skin, dll dalam game GTA 4, berikut ini sebuah tutorial tentang cara ins...




Bagi anda yang bosan dengan tampilan kendaraan, bangunan, senjata, skin, dll dalam game GTA 4, berikut ini sebuah tutorial tentang cara install mod GTA 4 lengkap. Instal Mod GT4 ini dimaksudkan untuk mengubah tekstur tampilan grafis kendaraan, skin, ataupun senjata yang ada dalam Game GTA 4, beberapa mod yang bisa diterapkan antara lain kita bisa mengubah kendaraan (misalnya mobil jenis Infernus dirubah menjadi Lamborghini Aventador), merubah karakter cewek dalam game menjadi super 5ek5i ataupun merubah baju baju yang digunakan oleh Niko Bellic.

Untuk cara pasang mod gta 4 ini diperlukan sebuah software Mod installer, salah satu Mod installer yang cukup mudah digunakan adalah Spark IV. Spark IV Khusus digunakan untuk GTA 4 baik GTA IV maupun kedua sekuel GTA IV ( GTA The Lost And Damned dan GTA The Ballad of Gay Tony). Penjelasan dan informasi download SparkIV bisa dilihat disini.

MEMASANG MOD GTA 4 DENGAN SPARK IV



Sebelum install Mod kedalam Game, anda harus mempersiapkan terlebih dahulu file Mod, Mod Mod ini bisa didownload di banyak situs penyedia Mod GTA 4 gratis seperti gtainsinde.com, gtagarage.com, dll sebagainya. Anda bisa cari di google. Sebagai contoh saya akan mereplace mobil Infernus dengan mobil Lamborghini Aventador LP700-4. File Mod mobil Lamborghini tersebut sudah saya download sebelumnya :


Keterangan gambar diatas : Kedua file infernus (wft file & wtd file) adalah file mod Mobil Lamborghini Aventador LP700-4, file bernama "infernus" karena file ini nanti akan mereplace mobil jenis Infernus yang Asli.

GTA IV : Infernus

Untuk instal mod, berikut langkah langkahnya :

1. Silahkan buka Spark IV - Kemudian klik Browse. Secara otomatis SPARK IV akan menemukan folder GTA IV yang tersimpan dalam PC Anda.


2. Scroll mouse kebawah hingga menemukan menu "CD Images" ( terletak dibawah menu models ).


Didalam menu CD Images terdapat 6 menu lagi :
  • componentspeds.img (semua komponen dalam game : pejalan kaki, karakter, bangunan, dll)
  • pedprops.img (properti karakter game)
  • playerped.rpf (visibility pemain)
  • radar.img (peta / radar dalam game GTA IV)
  • vehicles.img (semua kendaraan dalam Game GTA IV)
  • weapons.img (semua senjata dalam GTA IV)
Keenam menu diatas bisa dipilih salah satu berdasarkan Mod apa yang ingin di instal, contohnya bila ingin mengubah skin karakter, bangunan, atau lainnya maka yang dipilih adalah componentspeds.img, bila ingin mengubah senjata yang dimodifikasi maka yang dipilih weapons.img, begitu juga dengan kendaraan maka yang dipilih adalah vehicles.img.

3. Dalam tutorial kali ini yang akan dirubah adalah mobil maka DOBEL KLIK pada vehicles.img


4. Akan tampil data semua kendaraan yang ada dalam game GTA 4. Sebelum mereplace kendaraan kendaraan ini sebaiknya data dibackup terlebih dahulu, untuk mengantisipasi apabila terjadi error (lihat : cara backup data game gta4).


5. Untuk memulai memasukkan Mod, klik IMPORT, kemudian pilih file Mod yang sudah didownload tadi (contoh : infernus.wft dan infernus.wtd) kemudian Open.


6. Klik SAVE dan OK.


7. File mobil Infernus sudah berhasil direplace dengan Mobil Lamborghini Aventador LP700-4. Anda bisa menutup SPARK IV dan memulai menjalankan Game GTA 4 PC.


8. Jika sukses, maka seperti inilah penampakan mobil keren yang bisa dikendarai oleh Niko Bellic :



Demikianlah tutorial cara install Mod GTA 4 dengan menggunakan Spark IV, untuk bisa melihat mod berjalan sukses, anda harus menemukan jenis kendaraan yang telah direplace. Warna kendaraan biasanya sudah diatur oleh Modder (pembuat mod), sehingga anda tidak perlu khawatir akan kemungkinan warna kerdaraan yang sama. Sebenarnya memasang mod ini mudah saja, cukup download, pasang, mainkan & enjoy :)


Related

Tutorial 141214135479147763
item