20 PERBEDAAN GTA V PS3 / XBOX 360 DAN GTA V PS4 / XBOX ONE / PC (OLD GEN VS NEXT GEN)

Apa perbedaan GTA V PS3 dan PS4 ? Berdasarkan konsol / platform yang digunakan, GTA V terbagi menjadi 2 versi, pertama GTA V Original Versio...




Apa perbedaan GTA V PS3 dan PS4 ? Berdasarkan konsol / platform yang digunakan, GTA V terbagi menjadi 2 versi, pertama GTA V Original Version dan yang kedua Enhanced Version. Original version bisa diartikan sebagai versi GTA 5 asli yang belum mengalami perubahan dan pertama kali dirilis untuk Play Station 3 dan XBOX 360. Kedua konsol game ini biasa disebut dengan konsol Old Gen (generasi lama), disebut Old Gen karena sudah ada generasi terbarunya yaitu PS4 & XBOX One.

Sedangkan GTA V Enhanced version adalah versi GTA 5 yang ditingkatkan / disempurnakan baik dari segi grafis, gameplay, mekanisme permainan serta fitur. GTA V Enhanced Version ini tersedia untuk konsol Next Gen (generasi selanjutnya), yaitu PS4 & XBOX One, termasuk juga PC yang digunakan sbg platform GTA V Enhanced Version. Nantinya PS4 & XBOX One bisa juga menjadi konsol Old Gen jika sudah ada generasi terbarunya.

FITUR & PERBEDAAN GTA V OLD GEN (PS3, XBOX 360) & NEXT GEN (PS4, PC, XBOXOne)


Karena memang menjadi versi yang sudah disempurnakan / Enhanced Version, GTA V Next Gen memiliki berbagai fitur menarik yang akan bisa kamu lihat jika memainkan GTA V, berikut ini adalah fitur fitur GTA 5 yang hanya ada di konsol Next Gen.

1. PENINGKATAN GRAFIS

GTA V Enhanced Version memiliki grafis dan resolusi yang lebih tinggi sehingga tampilan grafis GTA V terlihat lebih halus, jernih & realistis. Lingkungan sekitar juga semakin ramai, rumput lebih banyak, debu, kabut, partikel udara, sampah beterbangan, hujan yang terlihat lebih nyata, genangan air, dan masih banyak lainnya, termasuk fitur fitur pengaturan grafis untuk memaksimalkan tampilan GTA V seperti Anti Aliasing, Depth of Field dll. Versi ini juga mendukung resolusi hingga 4K 60fps

2. MODE FIRST PERSON

Di GTA 5 Enhanced Version ada fitur sudut pandang baru, yaitu First Person Perspective (FPP). Kamu bisa dengan mudah beralih sudut pandang dari Third Person View ke First Person yang seakan akan melihat dunia GTA V langsung didepan mata.

3. BANYAK ANIMASI BARU

Selain peningkatan Grafis yang membuat player betah main GTA V, pengembang juga menambahkan banyak sekali animasi baru terutama dalam mode FPP, seperti reload senjata api, animasi saat masuk kendaraan, animasi efek saat duel dengan musuh, dll. Bahkan juga ada animasi animasi baru yang menghiasi NPC selama permainan yang tidak ada di GTA V PS3/XBOX360.

4. DETAIL

Untuk urusan detail, cukup banyak aspek dalam game GTA V yang ditingkatkan, misalnya saat kamu naik motor baju yang dikenakan karakter akan bergerak tertiup angin, rumput rumput  yang bergoyang dan meninggalkan bekas saat dilewati. Bahkan kamu bisa melihat lingkungan sekitar dari pantulan kaca mobil. Interior kendaraan juga semakin detail, speedo meter benar benar terlihat bekerja, memencet klakson & mengganti channel radio benar benar dilakukan, ini bisa dilihat dengan sangat jelas saat masuk ke mobil dengan mode First Person.

5. HEWAN LIAR

Ada beberapa hewan liar / spesies baru di versi Enhanced GTA V, seperti kucing, kelinci, ikan pari, flying rats, lumba lumba, hiu martil, dan juga killer whale.

6. MENJADI HEWAN

Ada fitur unik juga selain bisa melihat hewan hewan baru yaitu kamu bisa berubah menjadi hewan di GTA V dengan cara menemukan Peyote. Ada 27 lokasi peyote yang tersebar diseluruh penjuru map. Masing masing peyote yang ditemukan akan merubah player menjadi hewan yang berbeda. Setelah itu hewan hewan tsb akan tersedia di Director Mode.

7. ROCKSTAR EDITOR

Rockstar Editor adalah alat yang bisa kamu gunakan untuk membuat video video adegan cinematic di GTA V, melalui Rockstar Editor ini kamu bisa membuat film, membuat skenario, memasang angle kamera dari GTA 5 yang telah direkam sebelumnya. Jika kamu melihat film film / video GTA V di Youtube dengan penyajian yang bagus seperti film, maka itu menggunakan Rockstar Editor.

8. DIRECTOR MODE

Bisa dibilang Director Mode merupakan bagian dari Rockstar Editor. Dengan Director Mode kamu bisa menjajal karakter apapun untuk dijalankan / dikontrol seperti karakter Protagonis (Michael, Franklin, Trevor). Di Director Mode kamu bisa memainkan karakter NPC (Amanda, Tracey, Jimmy, Ron, Polisi, Militer, berbagai macam penjalan kaki, hewan, dan lain lain.

9. KENDARAAN

Ada banyak sekali kendaraan baru di GTA V untuk konsol Next Gen, mulai dari mobil super, sport car, offroad dan juga motor. Di Story Mode, kamu akan menjumpai berbagai mobil super atau mobil modif yang lewat dijalanan, juga banyak mobil mobil keren akan muncul di suatu tempat tersembunyi. Sedangkan di Online, kendaraan akan jauh lebih banyak, mulai dari pesawat, kapal pesiar pribadi, mobil super, sport, low rider hingga kendaraan kendaraan futuristik seperti mobil terbang (Deluxo), mobil selam (Stormberg), motor terbang (Opressor), Jetpack (Thruster), dan masih banyak lainnya.

10. NEON KITS

Neon Kits merupakan menu tambahan yang ada di Los Santos Customs untuk GTA V PS4 PC XBOX One. Dengan Neon Kits kamu bisa menambahkan lampu neon dibawah mobil (lampu kolong mobil) dengan warna unik yang bisa dipilih.

11. EFEK DUALSHOCK 4

Saat main GTA V, Dualshock 4 akan memiliki efek khusus pada Lightbar, misalnya jika pakai Michael Lighbar berwarna biru, jika Franklin berwarna hijau & jika pakai Trevor berwarna orange. Lightbar juga berkedip kedip saat wanted level, serta berfungsi juga jika ada pesan / panggilan telepon masuk pada HP karakter.

12. EFEK LUKA PADA TUBUH

Efek darah dan luka pada karakter semakin realistis. Terkena tembakan, jatuh dari ketinggian, terkena ledakan, jatuh dari kendaraan akan memberikan efek luka yang berbeda. Bahkan kamu bisa melihat luka pada tangan saat memakai mode FPP. Efek memar pada mata dan wajah juga ada setelah kamu keluar dari rumah sakit.

13. SENJATA

Seperti halnya mobil, senjata senjata baru kini telah ditambahkan seperti Railgun, kapak, golok / pedang, Tec9. Sedangkan untuk GTA Onlinenya senjata lebih banyak dan unik seperti Switchblade, stone hatchet, revolver, Widowmaker, UpnAtomizer, dll termasuk juga senjata hasil Upgrade "MK II"

14. 3 MODE VINTAGE FILTER

Vintage Filter, adalah sebuah efek / filter yang akan membuat tampilan layar GTA V menjadi hitam putih atau vintage seperti pada film film klasik. Fitur ini akan terbuka setelah player menyelesaikan salah satu misi rahasia GTA V yaitu "The Murder Mystery" untuk Michael, Vintage Filter ini adalah salah satu fitur eksklusif untuk Returning Player.

15. RETURNING PLAYER

Bagi Returning Player, maka akan mendapatkan bonus konten yang tidak didapatkan oleh Player GTA 5 biasa. Konten bonus akan didapatkan saat main GTA V di PS4, PC atau XBOX One, seperti misi dan random event baru, balapan baru, senjata baru, collectible item baru, kendaraan langka baru seperti Xero Blimp, Marshall, Duke O Death Armored Car, Dodo seaplane, serta beberapa mobil balap berlivery unik yang menjadi mobil spesial.

16. CHEAT HANDPHONE

Cheat di GTA V biasanya diaktifkan dengan menekan tombol stik atau keyboard, tapi untuk GTA V PC PS4 XBOX One, kita bisa dengan mudah mengaktifkan Cheat HP, yaitu cheat melalui Handphone pemain. Caranya cukup dengan menekan nomor cheat lalu ditelp / dial.

17. MUSIK DI RADIO

Saat dalam kendaraan player bisa mendengarkan berbagai genre musik melalui beberapa channel radio yang tersedia. Lagu lagu di GTA V Next Gen juga lebih update dan baru dibandingkan dengan Old Gen.

18. GTA ONLINE


Walaupun masih bisa dimainkan, GTA V Online untuk PS3 & XBOX 360 sudah tidak mendapatkan Update lagi dari Rockstar. Rockstar hanya fokus untuk mengupdate konten GTA Online untuk konsol Next Gen (PS4, XBOX One, PC). Hal ini bukan tanpa alasan mengingat PS3 & XBOX 360 termasuk konsol yang tidak lagi bisa menghandle update GTA Online yang saat ini membutuhkan kinerja hardware konsol tingkat tinggi. Untuk GTA Online Next Gen masih terus Update secara berkala sampai saat ini, sehingga banyak misi misi baru, bisnis baru, challenge, balapan, heist, kendaraan, senjata, dll. Update terbaru saat artikel ini dibuat adalah GTA Online : Arena War

19. GTA ROLEPLAY


GTA Roleplay atau GTA RP adalah GTA Online yang bukan resmi dari Rockstar, namun dalam memainkannya kamu perlu menggunakan GTA V yang Original. Di GTA RP kita akan bertemu dengan banyak player lain melalui server server yang tersedia dan akan berperan seperti kehidupan nyata, bisa melakukan berbagai job, membantu karakter lain yang membutuhkan dll. Di GTA Roleplay kita tidak bisa berbuat semaunya seperti ngerusuh atau matiin player lain tanpa sebab. Masing masing server memiliki peraturan sendiri sendiri. Untuk bisa mainkan Roleplay di PC kamu bisa mengunduh Software FiveM, sebuah Modifikasi yang bisa digunakan untuk main Multiplayer dengan Customized Dedicated Server. Walaupun menginstal FiveM untuk main Roleplay, kamu masih tetap bisa juga memainkan GTA Online tanpa perlu khawatir terkena Banned, karena FiveM tidak memodifikasi file game GTA V sedikitpun.

 20. MOD GTA V


Yang terakhir adalah menggunakan Mod di GTA V Offline. Mod dan Mod menu sebenarnya juga tersedia untuk GTA V PS3 / XBOX 360, tapi dengan jumlah yang sangat sedikit. Jika di GTA V PC kamu bisa memasang Mod apapun dengan mudah sepert kendaraan, map, skin, add on, Menyoo, Native Trainer, dll selain itu komunitas modder GTA V juga cukup aktif sehingga tiap hari ada saja mod mod baru yang rilis. Beberapa situs penyedia Mod GTA V PC antara lain GTA5-Mods.com & gtainside.com

Itulah 20 fitur & perbedaan GTA V di PS3 / xbox 360 dan PS4, PC, Xboxone (Old Gen vs Next Gen). Selain keduapuluh perbedaan umum diatas, tentunya masih akan banyak lagi perbedaan yang bisa kamu rasakan saat main GTA V di konsol Next Gen


Related

GTA V 4109690476461075861
item